• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

ICW Sebut Ada Lobi Politik yang Dilakukan Ketua MK

6 December
20:32 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun menilai lobi-lobi politik yang dilakukan oleh Ketua MK Arief Hidayat untuk memuluskan rencana Arief sebagai Ketua MK yang kedua kali.

"Ini untuk memperlambat KPK dalam judicial review di MK dan ini juga untuk kembali memuluskan menjadi ketua MK kembali," ujar Tama di Jakarta dalam dialog dengan Pro3 RRI, Rabu (6/12/2017).

Tama berharap Dewan Etik MK bekerja untuk melakukan penelusuran karena ini untuk menjaga independensi MK, keberpihakan MK, juga bicara soal integritas hakim.

"Dewan Etik MK harus menelusuri ini karena kan terkait independensi MK," katanya.

Sebelumnya ICW melaporkan Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat ke Dewan Etik MK. Arief, yang baru saja disetujui untuk melanjutkan periode kedua, dilaporkan karena 'lobi-lobi' DPR.

Menurut ICW, patut diduga perbuatan Arief sebagai pelanggaran etik.

Selain ICW, ikut melaporkan Perludem dan Relawan Putih. Adapun pelapor individu adalah Wahida Suaib , Agus Tanzil, dan Dadang Trisasongko.

Arief telah membantah anggapan melakukan lobi-lobi politik. Namun ia tak menampik bila dikatakan dirinya bertemu dengan Ketua Komisi III DPR di sebuah hotel menjelang fit and proper test. (LS/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00