• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Khawatir Digunakan untun 'Nyabu', Alat Vapor Rakitan Anak SMP Disita BNN Tarakan

13 October
19:24 2017
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Khawatir digunakan untuk menghisap sabu-sabu, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Tarakan melaporkan temuan alat rakitan vapor (rokok elektrik-red) yang dibuat dari fitting lampu ke Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tarakan.

Kepala BNNK Tarakan Agus Surya Dewi menuturkan, vapor rakitan yang ditemukan oleh Kepala sekolah cukup banyak yakni 6 buah dari 23 orang pelajar yang kedapatan menggunakannya di sekolah.

“Kepala sekolah khawatir, digunakan untuk sabu-sabu, jadi untuk memastikan BNNK dipanggil dan dilakukan pengecekan terhadap cairan vapor yang digunakan, serta memeriksa urine 23 pelajar, dan hasilnya negatif," kata Dewi, Jumat (13/10/2017).

Meski tidak ada berhubungan dengan  narkoba, BNNK memberikan arahan kepada orang tua murid dan sekolah, agar tetap waspada, karena bisa jadi awalnya menggunakan vapor tapi nanti terjerumus ke narkotika.

"Sisi kesehatan vapor rakitan tidak terjamin, karena bahanya dari plastik, serta tembaga yang bisa merusak kesehatan. Tapi kita minta tetap waspada jangan sampai mengunakan barang haram," tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 8 Tarakan, Muslimin Khanafi menambahkan, vapor rakitan disinyalir sudah banyak digunakan oleh pelajar.

"Tidak hanya di satu tempat saja ditemukan, ada juga di sekolah lain, bahkan di Sekolah Dasar (SD). Nah, kalau di luar sekolah saya, itu wewenang Dinas Pendidikan," ujarnya.

Sebagai kepala sekolah, ia juga banyak menerima laporan dari orang tua siswa tentang penggunaan alat rokok vapor buatan yang berbahan dasar fitting lampu.

"Orangtua murid ada yang mengaku anaknya minta dibelikan fiting lampu, dengan dalil tugas sekolah, jadi belajar dari ini harus ada pengawasan takutnya meningkat jadi menggunakan sabu," tutup Muslimin. (Cris/JN/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00