• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Akumulator Alat Pendeteksi Gunung Ijen Hilang

13 October
08:44 2017
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Sejumlah akumulator (accu atau aki) yang terpasang di sejumlah alat pendeteksi Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi – Bondowoso, Jawa Timur, hilang.

Hilangnya sejumlah aki tersebut membuat petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen yang berada di Desa Tamansari Kecamatan Licin, tak bisa memantau kondisi Gunung dan Kawah Ijen secara visual melalui CCTV, sekaligus kesulitan mengakses data perkembangan Gunung Ijen.

Kepala PPGA Ijen Bambang Heri Purwanto mengatakan, Petugas PPGA Ijen sudah melaporkan peristiwa tersebut kepada kepolisian dan keberadaan alat tersebut cukup penting untuk melihat kondisi Gunung Ijen secara real time, karena CCTV yang dipasang mengarah ke kawah langsung dan beberapa alat pendeteksi juga tidak berfungsi akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

"Kita sudah melaporkan hilangnya aki tersebut, dan kejadian ini sangat berdampak terhadap kinerja petugas di Pos, karena tidak bisa memantau dan mendapatkan data seraca berkala, perkembangan Gunung Ijen," ungkap Bambang Heri, Jum'at (13/10/2017).  

Imbas dari kejadin tersebut, petugas PPGA Ijen Banyuwangi harus melakukan pemantauan dengan cara manual, dan setiap tiga hari sekali petugas harus mendaki puncak Ijen untuk memantau langsung kondisi terkini Gunung, mulai dari warna dan suhu air kawah, kondisi gas gunung, serta beberapa aktivitas gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi – Bondowoso tersebut.

"Sebelumnya kita memang melakukan pemantauan secara manual, seminggu sekali. Dengan hilangnya beberapa perangkat tersebut, sekarang kita pantau manual, dua hingga tiga hari sekali," tambah Bambang Heri.

Peristiwa hilangnya akumulatur untuk alat pendeteksi Gunung Ijen yang terjadi sejak 26 Agustus 2017 tersebut sudah dilaporkan kepada Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), dan PPGA Ijen berharap beberapa alat tersebut segara diganti, agar pemantauan Gunung Ijen bisa lebih maksimal. (Son/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00