• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

KPU Sumsel Launching Pilgub Sumsel 2018

12 October
23:50 2017
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Selatan secara resmi dimulai dengan pelaksanaan Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018 oleh KPUD Sumsel yang berlangsung di Plasa Benteng Kuto Besak Palembang, Kamis (12/10/2017).

Peresmian dan peluncuran pesta demokrasi lebih dari 7 juta masyarakat Sumatera Selatan ini diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti pemukulan beduk, peluncuran maskot dan Mars Pilgub Sumsel serta penyerahan hadiah pemenang maskot. KPU Sumsel juga mencatatkan rekor muri dengan membuat replika kotak suara raksasa yang terbuat dari 1827 kotak suara.

Ketua KPU Sumatera Selatan, Aspahani, mengungkapkan, tidak hanya sebagai simbol dari gebyar pesta demokrasi, kotak suara raksasa juga memiliki filosofi mendalam seperti arti kerjasama, kebersamaan dan saling menghargai dalam perjuangan membangun demokrasi.

"Karya sekecil apapun punya makna untuk bisa membuat sesuatu yang lebih besar. Jadi, kebersamaan dan menghargai pekerjaan teman-teman di TPS semua itu harus dihitung. Filosofinya, sebesar apapun karya harus tetap memperhatikan yang terkecil," ujar Aspahani kepada awak media.

Pelaksanaan Pilgub Sumsel yang bersamaan dengan Pilkada serentak di delapan Kabupaten/kota di Sumsel tahun 2018 juga menjadi sorotan serius KPU RI. Pelaksanaan Pilkada serentak dianggap sebagai salah satu bagian dari sukses Pemilu 2019 sehingga berbagai persiapan harus dipastikan, termasuk perekaman KTP elektronik.

"Karena waktu sudah semakin dekat kami mengharapkan dukungan dari Pemda setempat agar mengefektifkan penyelesaian perekaman surat elektronik dan surat keterangan bagi masyarakat setempat," ujar Komisioner KPU RI Viryan, kepada awak media.

Puncak acara peluncuran Pilgub Sumsel ditandai dengan Pembacaan Deklarasi Kesiapan Plikada dan Penandatanganan Pakta Integritas yang diikuti oleh seluruh KPUD Kabupaten/Kota. Acara ditutup dengan hiburan festival band dan band performance.(RA/ARN).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00