• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

'Wayang Jogja Night Carnival' Semarakan HUT Kota Yogyakarta Ke-261

8 October
12:09 2017
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Wayang Jogja Night Carnival kembali hadir sebagai malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke 261 di Tugu Pal Putih, Sabtu (7/10/2017) malam.

Acara tahunan yang selalu digelar pada tanggal 7 Oktober ini disambut meriah oleh ribuan masyarakat Yogyakarta, wisatawan lokal dan mancanegara yang berbondong-bondong memadati Tugu pal putih.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, perayaan tahun ini bertemakan “Bersama Membangun Jogja” persembahan untuk masyarakat Yogyakarta.

“Pembangunan pada dasarnya adalah usaha bersama yang melakukan pekerjaan membangun bukan hanya pemerintah saja tetapi dengan masyarakat dan warga kampung bahu membahu untuk terlibat dalam proses pembangunan Kota Jogja ini,” tegas Haryadi.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di akhir sambutannya memperkenalkan Batik Khas Kota Jogja yang disebut dengan Batik Ceplok Segoro Amarto. Batik tersebut memiliki makna sebagai upaya menjunjung tinggi derajat dan menjaga keharmonisan hidup.

Peserta karnaval masih sama dengan tahun lalu, yakni 14 kecamatan, namun tahun ini ada peningkatan untuk jumlahnya, kurang lebih 2.000 orang. Acara yang dimulai pukul 18.00-22.00 WIB diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pertunjukan dari 14 kecamatan menampilkan tokoh wayang seperti Nakula Sadewa, Karno, Drupadi, Puntadewa, Kumbokarno, Antasena, Wisanggeni, Bathara Guru, Bhisma, Sugriwa – Subali, Suwida, Sukasrana – Sumantri, Bathari Dhurga dan Petruk Ratu.

Panggung pertunjukkan disiapkan sejak satu bulan lalu tepatnya di tanggal 7 September 2017 di tiga tempat di jalan Jenderal Sudirman berada depan gedung Indosat, di Titik pusat Tugu Pal Putih dengan dua display, dan di jalan Mangkubumi. (Tias/Lim/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00