• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Ali Ghufron: Lulusan Usakti Harus Memiliki Kecerdasan Emosional dan Spiritual

8 October
06:58 2017
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Rektor Universitas Trisakti (Usakti), Prof dr Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D mewisuda 2.237 lulusan baru perguruan tinggi itu dalam Sidang Senat Terbuka di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2017).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Trisakti mengatakan, strategi pengembangan Universitas Trisakti diarahkan antara lain untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa serta berkualitas dengan jiwa kewirausahaan.

Menurut Ali Ghufron, strategi yang dikembangkan Universitas Trisakti ini sangatlah beralasan, karena peran perguruan tinggi seharusnya tidak lagi hanya terkait pada kecerdasan intelektual, tetapi sudah saatnya memperhatikan dan memberi ruang bagi kecerdasan emosional dan spiritual. Kecerdasan spiritual diyakini dapat membangun moral  dan mental, bertanggung jawab sosial, serta memperhalus budi pekerti dan hati nurani.

"Apabila intelektualitas manusia diimbangi dengan moral dan budi pekerti yang baik, niscaya akan baik pulalah tingkah laku dan tindakannya," ujar Ali Ghufron.

Ke depan, Rektor Usakti berharap kecerdasan spiritual itu dapat dibangun dalam diri setiap insan dalam masyarakat melalui sarana perguruan tinggi, tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa namun juga seluruh jajaran pimpinan, pejabat, dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Trisakti.

"Dalam lingkup kecerdasan emosional, pemahaman dan kepedulian terhadap aspek dan mutu keadilan, dan kerakyatan yang berproses di sekitar kita, mampu memunculkan social sensitivity yang pantas dan beradab bagi masyarakat luas," imbuhnya.

Sementara, Ketua Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA Usakti), Saidu Solihin menambahkan, lulusan Universitas Trisakti harus bisa bersinergi untuk bersama-sama memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Menurut pria yang menjabat sebagai Direktur PT Danareksa Sekuritas ini, ke depan IKA Usakti  tidak akan masuk ke wilayah politik praktis.

"Insya Allah tidak akan terjun ke politik praktis, karena kita berpedoman pada AD dan ART IKA Usakti, yakni menghimpun seluruh alumni Universitas Trisakti untuk berbuat yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara serta kejayaan almamater Universitas Trisakti," tegasnya.

Dalam Wisuda Universitas Trisakti Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 ini, sebanyak 2.237 lulusan yang diwisuda terdiri dari Program Doktor (S3) sebanyak 24 orang, Program Magister (S2) 447 orang, Program Spesialis 10 orang, Program Profesi 48 orang, Program Sarjana (S1) 1.417 orang, Program Diploma III 229 orang, dan Program Diploma IV sebanyak 32 orang. (Red/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00