• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kabupaten Cirebon Tuan Rumah Pertemuan Regional II UTD dan PMI se Kalimantan dan Jawa Barat

14 September
22:31 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon: Kabupaten Cirebon menjadi tuan rumah Pertemuan Regional Unit II Transfusi Darah (UTD) dan PMI se Kalimantan dan Propinsi Jawa Barat tahun 2017.

Pada kesempatan itu Ketua PMI Cabang Kabupaten Cirebon, Hajjah Sri Heviyana mengatakan, pertemuan tahunan itu bertujuan untuk konsolidasi PMI dan pengembangan pelayanan PMI.

Hal ini terutama, pengembangan pelayanan PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah yang selama ini sering tidak mencukupi. Seperti diwilayah Kab Cirebon, dari selama ini cukup sulit meraih target pemenuhan stok darah sebanyak 1.600 labu per bulan, kini telah mampu melebihi mencapai 2.000 labu per bulan, karena strategi jemput bola dilapangan.

“Pertemuan sebelumnya berlangsung di Balikpapan, dan pada intinya pertemuan ini sebagai konsolidasi PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah transfusi. Alhamdulillah,  ini juga sebagai bentuk pengembangan pelayanan darah di PMI se wilayah Ciayumajakuning, Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan,” ungkapnya didepan peserta Pertemuan, Kamis (14/9/2017).                   

Sri Heviyana mengaku berbagai tantangan yang dihadapi saat memberikan pelayanan darah diantaranya pendonor masih takut untuk berdonor dan merasa khawatir terkena penyakit.

“Sudah menjadi tanggung jawab PMI untuk gencar melakukan sosialisasi pentingnya berdonor karena dengan berdonor bisa menjaga kesehatan tubuh,” ujarnya.

Sementara itu, untuk keberadaan gedung PMI Kab Cirebon, meski secara fisik belum memadai tetapi dari sisi peralatan yang dimiliki sangat komplit dalam menunjang pelayanan donor darah.

“Memang secara fisik Gedung PMI Kab Cirebon belum memadai, namun perlatan kami lengkap, bahkan mesin koldrum atau pendingan memiliki kapasitas penyimanan 4000 labu darah,” imbuhnya. (Yulianti/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00