• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pendistribusian Bantuan Indonesia ke Rohingya Melalui Bangladesh

14 September
18:18 2017
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh: Pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia mengirimkan 34 ton bantuan kepada pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh dengan menggunakan empat pesawat Hercules milik TNI AU. Empat pesawat ini dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (12/9/2017), di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. 

Empat pesawat ini sebelum berangkat ke bandara Chittagong Bangladesh transit terlebih dahulu di Pangkalan Udara TNI AU Lanud Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Rabu (13/9/2017).

Direktur Tanggap Darurat BNPB Junjungan Tambunan kepada wartawan di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, mengatakan nantinya bantuan ini akan diserahkan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Bangladesh kepada pemerintah Bangladesh dan kemudian disalurkan ke pada pengungsi Rohingya yang berada di perbatasan Bangladesh. 

"Distribusi bantuan ini akan diserahkan oleh pemerintah Bangladesh kepada pengungsi Rohingya," kata Junjungan di lanud SIM Aceh, Kamis (14/9/2017).

Adapun bantuan yang dikirimkan kepada pengungsi Rohingya oleh pemerintah Indonesia ini berupa beras sebanyak 20 ton, gula, pakaian, makanan siap saji, tenda pengungsian, air mineral dan sejumlah bantuan lainya. 

"Bantuan pada tahap pertama ini berdasarkan tindak lanjut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah melakukan kunjungan ke Myanmar beberapa waktu lalu," tambahnya. 

Perjalanan menuju bandara Chittagong Bangladesh menempuh waktu empat jam. Diharapkan bantuan dari Indonesia ini dapat segera disalurkan kepada ribuan pengungsi Rohingya.

Pantauan RRI di Pangkalan Udara TNI AU Lanud SIM Aceh Besar, dua pesawat telah melakukan take off menuju ke bandara Chittagong Bangladesh dengan membawa 20 ton logistik bantuan kemanusiaan. (Mj/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00