• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Gahawisri: Tanjung Benoa Primadona Wisata Tirta Pulau Dewata

14 September
18:00 2017
1 Votes (4)

KBRN, Tanjung Benoa: Sektor wisata tirta masih memperlihatkan eksistensinya ditengah pertumbuhan atraksi kepariwisataan baru di Bali. Kondisi itu ditunjang dari semakin meningkatnya animo wisatawan baik mancanegara maupun nusantara untuk menikmati sensasi wisata tirta khas Pulau Dewata.

Ketua DPD Gabungan Usaha Wisata Tirta (Gahawisri) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengatakan, dalam dua dasawarsa terakhir geliat wisata tirta di Bali menunjukkan tren yang luar biasa. Ditemui wartawan disela-sela Perayaan Hari Jadi Gahawisri ke-25 di Tanjung Benoa, Kamis (14/9/2017) petang, Gus Agung yang juga menjabat Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali ini menyebut, tanjung benoa masih menjadi destinasi favorit bagi pelancong.

“Setelah dua puluh lima tahun ini banyak hal perkembangan yang sudah kita lewati ya. Jadi perkembangan dunia pariwisata, terutama di wisata tirta, dan khususnya di Tanjung Benoa ini sangat berkembang bagus ya. Sampai saat ini tanjung benoa itu masih tetap sebagai watersport attraction yang paling terbaik di Bali ya saya pikir, dibandingkan tempat lain,” ungkapnya.

Gus Agung menambahkan pertumbuhan kunjungan wisatawan, berbanding lurus terhadap perkembangan wisata tirta di Bali. Gahawisri mencatat, wisata tirta yang dulu minatnya didominasi wisatawan asal Australia, saat ini telah memiliki mixed market. Domestik dan wisatawan berkewarganegaraan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dan India mulai memperlihatkan peningkatkan signifikan.

“Kita secara angka belum pernah mencatat, tetapi bukan main perkembangannya. Domestic marketnya, tadinya yang Australia, sekarang sudah domestic marketnya, China marketnya sekarang, dan India marketnya, semua ini mencari watersport itu ya didaerah Tanjung Benoa ini,” kata Ida Bagus Agung Partha Adnyana

Ia pun menyebut, salah satu indikator tumbuhnya wisata tirta di Bali adalah semakin bertambahnya anggota Gahawisri antara 5 hingga 10 member pertahun. Khusus dikawasan Tanjung Benoa, saat ini berdiri 80an perusahaan anggota Gahawisri Bali yang menggawangi usaha wisata tirta. (HRO/Foto:KBRN/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00