• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Penggabungan RRI, TVRI dan Antara Penyeimbang Peredaran Informasi

14 September
17:20 2017
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Peran pemerintah menjadi sangat penting ketika menyangkut tentang perkembangan media yang semakin pesat. 

Pengawasan mengenai isi dari suatu media menjadi tugas krusial bagi pemerintah, mengingat saat ini banyak terjadi fenomena-fenomena yang membingungkan masyarakat atas kebenaran informasinya.

Menanggapi hal tersebut, Pakar Komunikasi Universitas Negeri Surakarta, Profesor Doktor Widodo Muktiyo, menyatakan agar 3 media, yaitu RRI, TVRI, dan Antara untuk melakukan berkonvergensi (penggabungan media). 

“Dengan konvergensi tersebut akan memudahkan masyarakat dalam memperoleh kebenaran suatu informasi” kata Widodo Mukio, Usia Workshop Strategi Promosi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jendral Soedirman, Unsoed Purwokerto kamis, (14/9/2017) di Gedung Pascasarjana Unsoed Purwokerto.

Gagasan integrasi atau sinergitas RRI, TVRI dan Antara itu betul-betul bisa terwujud, tidak hanya secara anggaran, tetapi menjadi lembaga yang konvergen yang holdingnya adalah negara itu akan menjadikan masyarakat yang butuh informasi dari media tersebut.
 
“Pemerintah diharapkan hadir untuk menjadi penyeimbang dalam peredaran informasi” katanya

Widodo menambahkan, 3 media yang digabungkan ini bisa menjadi kekuatan yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan berjalan dengan sendiri-sendiri. Selain itu, juga terciptanya efisiensi ketika ketiga media tersebut bersatu.

Penyatuan tiga media ini dinilai akan memudahkan aksesibilitas informasi publik secara terpadu, secara efisien sehingga terciptanya akredibilitas yang tinggi yang kemudian dapat membentuk kepercayaan di masyarakat. 

“Ketika kepercayaan masyarakat tinggi, publik akan menganggap tiga media yang bersatu itu menjadi acuan untuk mencari kebenaran suatu informasi” katanya. (spj/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00