• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tiga Matra TNI Adu Ketangkasan Renang Militer

14 September
14:28 2017
2 Votes (1)

KBRN, Mataram : Memeriahkan HUT TNI ke 72, tanggal, 5 Oktober  2017 mendatang, Jajaran TNI Di Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan Lomba Renang Militer yang berlangsung  Kamis (14/9/2017) pagi   di Kolam Renang Mayure Cakranegara, Kota Mataram.

Kegiatan lomba renang militer    diikuti oleh tiga angkatan yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Menurut Panitia pelaksanan Letkol (Adm), Burhanuddin dari TNI AU Lanud Rembiga, kegiatan ini selain  untuk mengasah kemampuan para anggota prajurit, juga untuk mempererat persatuan antar anggota TNI yang  bertugas diwilayah NTB.

Kegiatan ini yang paling penting mencari bibit-bibit atlit dari prajurit yang nantinya akan mewakili satuannya masing-masing dalam mengikuti kegiatan perlombaan renang militer baik  ditingkat nasional  maupun ditingkat internasional.

“Kita lihat meriah sangat,  semangat para prajurit mengikuti lomba,  tapi penuh kebersamaan  tidak ada perbedaan diantara kami,” kata Letkol (Adm) Burhanuddin.

Pada saat lomba  terlihat semangat para suporter  dengan meneriakan yel yel masing masing satuan,  inilah wujud kebersamaan 3 Matra TNI, yaitu AD. AU dan AL, di NTB.

Sementara itu, koordinator lomba renang militer Lettu (Chb) Wahyu Amri menyatakan lomba renang militer ini menggunakan gaya dada, para peserta diwajibkan  menggunakan helm tempur dan Senjata SS 1 menempuh jarak 50 meter.

Menurutnya,  penilaian dalam lomba ini siapa peserta yang berhasil menempuh jarak 50 meter dengan waktu tercepat, dialah pemenangnya.

Penentuan  pemenang tidak saja dilihat dari   waktu tercepat. Namun juga dilihat dari perlengkapan yang digunakan peserta seperti baju PDL dan helm tempur serta  membawa senjata SS 1 saat lomba digelar.

“Apabila  ada salah satu peserta yang ketinggalan helm atau senjata, maka secara tidak langsung dia akan didiskualifikasi,” tegas Lettu (Chb) Wahyu Amri.

Semua perlengkapan helm dan senjata  yang dibawah  menjadi perhatian bagi juri mulai dari titik star hingga  finis.

Dalam perlombaan tadi  ada juga para peserta yang tidak mampu mencapai finis, karena mereka kurang latihan sebelum bertanding.

Keluar sebagai  juara I dalam lomba renang miliiter tersebut adalah Pratu Johansyah anggota Yonif  742/SWY dengan  catatan waktu  00"57"02, Juara II diraih oleh Pratu Dinasri  anggota Yonif 742/SWY dengan catatan waktu 00"57"33 dan  Juara III diraih Serda Mite anggota Kodim 1606/Lobar dengan catatan waktu 00"57"80.

Perlombaan renang militer yang dilaksanakan ini,  diharapkan dapat menjadi sarana latihan dalam rangka meningkatkan keterampilan renang para prajurit, sehingga melalui kegiatan ini para prajurit dapat mengetahui kemampuan renangnya, karena renang merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap prajurit. (ZA/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00