• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Tiga Dalang Cilik Mentas di Halaman RRI Purwokerto

14 September
12:25 2017
2 Votes (5)

KBRN, Banyumas : Sebanyak tiga dalang cilik, melakukan aksinya memainkan wayang kulit di halaman RRI Purwokegrto dalam Pagelaran Pakeliran Padat, Kamis ( 14/9/2017) pagi- siang.

Kepala Stasiun RRI Purwokerto, Budi Ningrum mengatakan, gelaran Pakeliran Padat atau pertunjukan wayang yang dipadatkan, dari biasanya dipentaskan semalam suntuk untuk satu dalang satu cerita. Namun, dalam gelaran Pakeliran Padat, satu dalang yang tampil, membawakan satu cerita dengan durasi pertunjukan sekitar dua jam. Pakeliran padat ini akan lebih atraktif dan tidak membosankan ketika ditonton.

Hal ini sebagai bagian fungsi RRI dalam melastarikan budaya bangsa, khusunya wayang.  Selain itu komitmen RRI dalam ulang tahunya ke 72 tahun, mengusung tema besar “Bersama Dalam Keberagamaan”.  

“Pesan besar tema ini, yakni meneguhkan semangat kebersamaan dan pengabdian RRI demi bangsa dan negara. Keberagamaan suku bangsa, budaya, adat istiadat, keyakinan, aliran kepercayaan harus dimaknai dengan benar. Maka RRI hadir sebagai bagain dari kohesi bangsa, untuk lebih memperat kebersamaan dalam bingkai NKRI,” jelas Budi Ningrum.

Dalang Cilik yang tampil yakni, Ki Catur Sinatria dari SDN 3 Kediri Karanglewas, Kabupatren Banyumas dengan lakon Jabang Tetuko. Dalang  Ki Rizky Widia Fatturohman dari SMA N  1 Purbalingga dengan lakon Ampak Ampak Wiroto. Dan Dalang Ki Jalitheng Bagus Sasongko dari Cilacap, yang bersekolah di SMK 3 Banyumas dengan lakon Anoman Duta.

"Dalang-dalang ini menjadi kebanggan kita orangtua, bahwasanya generasi penerus bangsa peduli akan budaya daerahnya, contoh yang baik bagi generasi muda yang lainya. Selain itu, wayang ini akan semakin dikenal dan disungai, bagi usia dini. Dengan tampilnya dalang cilik yang seumuran,” kata Budi Ningrum.

Pada Pakeliran padat ini, juga disiarkan secara langsung oleh Pro 1 RRI Purwokerto, pada Frek  FM 98.6 Mhz dan FM 93.1 Mhz, maupun melalui streaming di website: www.rri.co.id. RRI Purwokerto setiap bulanya, juga mementaskan wayang kulit semalam suntuk, yang digelar setiap Sabtu malam, pekan keempat setiap bulanya.

Pentas wayang yang biasanya dilaksanakan pada malam hari ini, mendapatkan perhatian dari penonton, baik kalangan dewasa maupun anak- anak. (RA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00