• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Air Langka, APCE ingin Pemerintah Daerah Terapkan Konsep Ekohidrologi

14 September
08:00 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Direktur Asia Pacific Center for Ecohydrology (APCE), Ignasius Dwi Atmana Sutapa menyarankan pemerintah daerah di seluruh tanah air dapat menerapkan konsep ekohidrologi (pendekatan air dengan ekosistemnya).

Hal itu dilakukan, kata Dwi, agar persoalan kelangkaan air di beberapa daerah dapat diminimalisir.

"Harus dipersiapkan dengan baik , jangan sampai gak dijaga ekosistemnya, air tanah namun lahan atau tanahnya malah dibikin perumahan dan jalanannya gak ada resapan air, itulah yang harus dipikirkan oleh banyak pihak," kata Dwi dalam wawancara bersama Radio Republik Indonesia di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Dwi menambahkan, ketersediaan sumber daya air selalu menurun, sedangkan proses pengembalian air membutuhkan waktu lama dan tidak secepat pengambilannya. Untuk itu, kata Dwi agar dapat melindungi penggunaan air Dwi berharap pemerintah lebih mengoptimalkan pengambilan air permukaan, karena recovery atau siklus pemulihannya lebih cepat. 

"Semua warga negara Indonesia memiliki hak dalam mendapatkan air bersih dan pemerintah harus memikirkan jangka panjang ini, air tidak selamanya ada jika pembangunan tidak dibarengi oleh kelestarian air," jelasnya. (LS/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00