• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemkab Kediri Gandeng Alfamart Membekali UMKM Kemampuan Manajemen Ritel Modern

13 September
20:12 2017
1 Votes (5)

KBRN, Kediri: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menggelar Pelatihan Manajemen Ritel Modern bagi ratusan UMKM di bawah naungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kediri, di Pendopo Kabupaten Kediri, Rabu (13/9/2017).

Pada acara ini, Regional Corporate Communications Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Muhammad Faruq Asrori meyakini, melalui pelatihan Manajemen Ritel ini maka pihaknya dapat memberikan bekal wawasan tentang pengelolaan ritel kepada para pemilik toko kelontong di Kediri.

"Khususnya pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti sekarang," ujar Regional Corporate Communications Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Muhammad Faruq Asrori, saat Pelatihan Manajemen Ritel Modern, di Pendopo Kabupaten Kediri, Rabu (13/9/2017).

Faruq optimistis, dengan acara ini pihaknya dapat membekali para UMKM tentang pengelolaan Manajemen Keuangan. Selain itu, juga bertukar pengalaman, terkait cara memajang produk yang bisa menarik konsumen. Bahkan bagaimana tips melayani konsumen dengan baik.

"Kami hadir di sini untuk mengajak para UMKM tumbuh dan berkembang bersama. Selain itu juga berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mendisplay barang, misalnya saat memajang obat nyamuk tidak boleh berdekatan dengan aneka produk makanan dan minuman," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kediri, Indra Taruna, mengaku, sangat bangga bahwa sejumlah UMKM di wilayahnya telah mendapatkan kesempatan emas untuk belajar tentang Manajemen Ritel Modern. Idealnya, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaiknya sehingga kompetensi mereka makin meningkat.

"Pada era pasar bebas sekarang, setiap masyarakat patut mempunyai kualitas SDM yang tinggi. Untuk itu, jangan sampai SDM kita kalah dengan bangsa lain," katanya.

Dia berharap, melalui pelatihan tersebut maka seluruh UMKM di wilayah kerjanya dapat mengembangkan pasarnya ke depan, baik di skala Nasional maupun mancanegara. Apalagi memang, semangat kerja perusahaan ritel modern berjaringan Nasional ini patut diteladani.

"Hal ini tampak dari kinerja PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, yang mampu membuktikan performanya di mana telah memiliki sekitar 300 gerai di Filipina," katanya. (AC/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00