• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Kulon Progo Berencana Bangun Taman Kerajaan Nusantara

13 September
18:12 2017
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut baik rencana Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mendirikan Taman Kerajaan Nusantara. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Untung Waluyo di kantornya, Rabu (13/9/2017) mengatakan, Taman Kerajaan Nusantara dikonsep sebagai representasi setiap kerajaan di Indonesia. Di dalamnya mencakup aspek sistem pemerintahan, adat tradisi, sifat kejuangan dan kepahlawanan, serta sosial kemasyarakatan. 

Untuk mewujudkan taman ini, kata Untung Waluyo pihaknya akan melakukan sinergitas dengan  berbagai pihak mulai dari ahli waris kerajaan, dukungan kementerian dan pemerintah daerah terkait, serta dukungan masyarakat. 

“Ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mewujudkan berdirinya taman Kerajaan Nusantara, karena akan bersinggungan dengan sarana prasarana dan pihak-pihak terkait lainnya,” ungkapnya. 

Untung menambahkan salah satu upaya awal untuk membangun Taman Kerajaan Nusantara adalah telah dimulai dengan mempresentasika/ di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Jumat (8/9/2017) lalu. 

“Kami disarankan untuk berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait, karena dipastikan membutuhkan dana tidak sedikit,” pungkasnya. 

Taman Kerajaan Nusantara direncanakan menjadi bagian pengembangan pariwisata Kulon Progo berkaitan dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan pengembangan bandara internasional. (HS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00