• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Dinas Pendidikan Aceh Tengah Seminarkan Kerawang Gayo

13 September
14:27 2017
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Dalam rangka revitalisasi dan reaktualisasi budaya daerah, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pendidikan setempat menggelar Seminar Kerawang Gayo di gedung Bale Pendari Takengon, Rabu (13/9/2017).

Seminar diikuti 50 peserta melibatkan unsur pemerintah, lembaga budaya, tokoh seniman, budayawan, sejarawan, pelaku seni, pengrajin Kerawang Gayo dan tenaga pendidikan.

“Tidak semua kita tau dan mengerti arti dan makna yang tersirat dalam motif kerawang Gayo, baik pada baju kerawang maupun ukiran-ukiran lain yang sebenarnya mempunyai makna yang mendalam secara falsafah Gayo,” ujar Kadis Pendidikan  Drs Nasaruddin.

Dijelaskannya, tujuan seminar untuk memberi pemahaman dan pengetahuan arti Kerawang Gayo yang selama ini masih dianggap gamang di beberapa kalangan.

Dia berharap melalui seminar itu peserta dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan semua makna yang terkandung dalam motif Kerawang Gayo sehingga nantinya mampu menjelaskannya kepada generasi muda Gayo.

“Terutama bagi pengrajin kami harap bukan hanya mampu membuat dan menjahit Kerawang Gayo, namun dapat menjelaskan semua makna motif dan warna yang melekat. Ini penting karena daerah kita sering dikunjungi wisatawan dan para pejabat dari daerah lain yang tidak sedikit menjadikan Kerawang Gayo sebagai cendramata,” tambahnya.

Seminar Kerawang Gayo yang berlangsung selama dua hari, 13 dan 14 September 2017 itu menghadirkan beberapa nara sumber, diantaranya mantan Sekda Aceh Tengah Ibnu Hajar Laut Tawar dan Ibrahim Kadir, Mukhlis Gayo serta beberapa nara sumber yang berkompetan dibidang budaya Gayo.

Sementara Sekretaris Daerah Aceh Tengah Karimansyah menyebutkan diskusi kerawang Gayo melalui kegiatan seminar memiliki arti penting dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya Gayo.

“Ini kesempatan dan momen bagi kita dan generasi muda mendatang untuk merenung guna menguatkan upaya pelestarian budaya Gayo khususnya Kerawang Gayo,” kata Karimansyah ketika membuka kegiatan. (FJ/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00