• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Tangani Penderita Sakit Jiwa, Puskesmas Gambir Miliki Jumanji dan Panji

8 September
16:44 2017
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Gambir Jakarta Pusat menyediakan layanan untuk pasien gangguan kejiwaan. Kepala Puskesmas Kecamatan Gambir drg. I.G.A Rusmala Dewi menjelaskan pihaknya memiliki terobosan baru untuk meminimalisir masalah kesehatan yang ditakutkan banyak orang itu. Terobosan itu dinamakan "Juru Pemantau Jiwa" atau Jumanji. 

Rusmala menjelaskan Jumanji adalah kader kesehatan yang ada disetiap Rukun Tetangga (RT) yang berperan penting untuk melaporkan setiap kasus jiwa khusunya gangguan jiwa berat diwilayahnya 

"Kami berharap dengan adanya program Jumanji seluruh pasien jiwa di wilayah Gambir dapat ditangani," ujar Rusmala dalam keterangan rilisnya kepada RRI di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Selain itu kata Rusmala program Jumanji juga dibarengi oleh aplikasi pelaporan untuk masalah gangguan jiwa. Aplikasi dapat diunduh di Playstore android.

"Pelaporan sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi android Panji atau "pantau jiwa" yang dapat diakses oleh seluruh kader maupun masyarakat dan tokoh masyarakat setempat. Selain untuk pelaporan kasus jiwa, Panji juga dapat menjadi database kesehatan jiwa Puskesmas Gambir," tuturnya.

Sementara Kepala Kecamatan Gambir, Fauzi megatakan pihaknya sangat mengapresiasi program kesehatan jiwa itu. Fauzi berharap Puskesmas Gambir dapat memberikan layanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.

"Semoga dengan inovasi ini, layanan kesehatan jiwa masyarakat dapat lebih ditingkatkan," ucapnya.

Salah satu pasien Jiwa yang telah dipantau rutin hingga dapat produktif kembali melalui Program Kesehatan Jiwa ini yaitu B (29 tahun). 

“Saya senang sudah sembuh, ada respon dari Puskesmas Gambir atas kepeduliannya terhadap pasien. Sekarang saya udah bisa ngojek lagi," katanya.

Diketahui Puskesmas Gambir mendata ada sekitar 81 orang dengan gangguan jiwa berat di wilayah Jakarta Pusat. Melalui program ini Puskesmas Gambir berhasil meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa dengan adanya peningkatan jumlah pasien yang ditangani dari 34 menjadi 58 orang dalam kurun waktu 3 bulan. (LS/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00