• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Cari Bibit Baru Penari Jaipong, Sanggar Nay Sunda Gelar Pasanggiri Tari Jaipong dengan Total Hadiah Rp 50 Juta

8 September
13:41 2017
1 Votes (2)

KBRN Subang : Sanggar Nay Sunda di bawah asuhan Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan, dalam waktu dekat ini, segera menggelar Pasanggiri Tari Jaipong.

Ketua Pelaksana Pasanggiri Tari Jaipong, Noviyanti Maulani SPd menyatakan, berdasarkan keprihatinan bahwa Tari Jaipong yang saat ini sudah mulai tergerus oleh Tari-tarian modern, dan sudah mulai dilupakan oleh generasi muda saat ini, sehingga event Pasanggiri Tari Japong yang digelar hari Sabtu (9/9/2017) besok sampai dengan hari Sabtu (23/9/2017), bertujuan untuk kembali menghidupkan dan memperkenalkan kembali Tari Jaipong kepada generasi muda, melalui Pasanggiri Tari Jaipong tersebut.

"Kami prihatin seni Tari Jaipong, sudah mulai tergerus oleh kebudayaan modern, maka melalui Pasanggiri Tari Jaipong tersebut, Saya harap, generasi muda saat ini bisa kembali mengenal seni tari jaipong, jangan sampai Mereka melupakan, apa yang menjadi kekayaan seni dan budayanya," ujar Noviyanti kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Jum'at (8/9/2017).

Noviyanti mengatakan, dengan pasanggiri tari Jaipong ini, sebagai upaya untuk mencari bibiit-bibit baru, untuk dijadikan para peserta menjadi seperti Titim Fatimah, Cicih Cangkurileng, dan Enok Pelor, yang menjadi icon Subang. 

"Pasanggiri ini juga sebagai upaya untuk mencari bibit-bibit baru seperti Titim Fatimah, Cicih Cangkurileung dan Enok Pelor, dan bisa tampil di dunia Internasional," tegasnya.

Dalam dengan pasangggiri tari Jaipong Sementara itu Ia mengungkapkan, pasanggiri tari jaipong tersebut ada 3 katagori yaitu, katagori Anak A peserta tingkat SD, mulai kelas l sampai dengan kelas lll SD, katagori B Kelas lV sampai dengan Kelas Vl SD dan Katagori Remaja SMP sampai dengan SMA, hari Sabtu (9/9/2017) besok akan diawali untuk audisi, yang bertempat di Jalancagak, hari Sabtu (16/9/2017) audisi di Pagaden, dan Sabtu (23/9/2017) dilaksanakan audisi di Purwadadi, sedangkan untuk grand Final akan dilaksanakan di Gedung Wisma Karya Subang. Dengan total hadiah Rp 50 juta. (RE/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00