• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Feature

Cerita Sukses "Kelas Inspirasi Cilacap" Menginspirasi Melalui Kisah Profesi

13 August
23:08 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Sebanyak 50 relawan dari program Kelas Inspirasi Cilacap (KIC) sukses berbagi inspirasi di 3 Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kecamatan Kampung Laut, Cilacap.

Program yang mengusung tema 'Nyalakan Impian dari Pesisir Selatan' ini mendapat sambutan antusias dari siswa-siswi di ketiga sekolah tersebut.

Perjalanan berbagi inspirasi diawali dari Dermaga Penyeberangan Seleko, Cilacap dengan kapal 'compreng' menuju kecamatan termuda di Cilacap itu.

Dibutuhkan waktu 1,5 - 2 jam menyusuri Segara Anakan, untuk sampai di SD N Ujung Alang 1 dan 3 di Desa Ujung Alang, dan SD N Ujung Alang 2 di Desa Klaces, sebagai lokasi berbagi.

Koordinator KIC Muhammad Fajri menjelaskan dipilihnya Kampung Laut sebagai tempat berbagi mengingat lokasi kecamatan ini yang terpisah dari daratan kota Cilacap.

"Kampung Laut itu wilayahnya unik, terpisah dari daratan kota Cilacap dengan transportasi utama menggunakan kapal menyusuri perairan Segara Anakan. Kami pilih lokasi ini karena pasti memiliki banyak cerita," ujar Fajri.

Tak hanya itu, lanjut Fajri, alasan lainnya adalah KIC bertanggung jawab ikut memromosikan potensi wisata Kabupaten Cilacap, khususnya Kampung Laut.

Lebih lanjut, kata Fajri, pada gelaran perdana di Cilacap, Sabtu (12/8/2017), ada 39 relawan yang bertugas sebagai pengajar, sesuai latar belakang profesi mereka.

"Misi Kelas Inspirasi itu para relawan yang sudah terpilih melalui seleksi, berbagi inspirasi dalam satu hari kepada siswa-siswi SD. Mereka berbagi kisah inpirasi sebagaimana profesi masing-masing," ujarnya.

Dijelaskan, relawan pengajar yang disebut inspiratory datang dari berbagai latar belakang dari seluruh Indonesia.

"Antara lain, dari auditor pajak, guru, Dosen Bahasa Inggris, editor dari sebuah penerbit, analis di bea cukai, system analyst, karyawan PLN, ahli gizi, pelatih taekwondo, pustakawan, sampai ibu rumah tangga," terangnya.

Diharapkan melalui kegiatan satu hari berbagi inspirasi ini, para siswa memiliki gambaran seperti apa profesi yang hendak dicapainya kelak.

"Kami juga akan selalu memberikan semangat kepada anak-anak untuk terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi," katanya.

Ditambahkan Fajri, selain relawan pengajar, kesuksesan KIC ini juga melibatkan relawan fotografer dan videografer yang tergabung dalam relawan dokumentasi.

Fajri yang merupakan pegiat literasi di Cilacap ini juga berharap, kegiatan yang sudah mendapat restu dari Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Cilacap ini bisa memberikan kontribusi khususnya di dunia pendidikan Cilacap.

Ilham, siswa Kelas 3 SD N Ujung Alang 2 mengaku sangat senang karena kehadiran 'guru-guru baru' pada hari itu.

"Senang sekali, ada bapak dan ibu guru baru. Selain cerita tentang pekerjaan, bapak dan ibu guru yang baru juga mengajak bermain, bercerita, dan menari" ungkap Ilham yang mengaku bercita-cita menjadi polisi ini.

Kepala SD N Ujung Alang 2, Sukirman menanggapi positif kegiatan ini, mengingat sekolahnya jarang didatangi orang-orang baru.

"Kami tentu sangat bahagia, karena sekolah ini jarang sekali dikunjungi orang-orang baru. Ke depan kami berharap KIC lebih lama lagi untuk hari inspirasinya biar anak-anak merasakan manfaat dari program ini lebih lama" ucapnya.

Salah satu Inisiator KIC, Anang Rakhmatdi mengapresiasi keterlibatan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Dengan terwujudnya Kelas Inspirasi Cilacap ini, semoga akan ada Kelas Inspirasi Cilacap selanjutnya dengan menjangkau lebih banyak lagi sekolah sekolah di Cilacap, baik Cilacap Barat maupun Timur" terangnya.

Imbuh Anang, dengan adanya wadah organisasi yang turun tangan langsung di dunia pendidikan diharapkan dapat ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai janji kemerdekaan bangsa ini.

"Harapan utama, Kelas Inspirasi Cilacap dapat memberikan effort baru kepada generasi muda dan siapapun yang peduli dengan pendidikan di Cilacap, untuk bergerak dan turun langsung, baik menjadi relawan panitia, fasilitator, dokumentator maupun inspiratory" pungkas Anang. (Sandy)   

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00