• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Pantai Depok, Sensasi Menikmati Kuliner Ikan Laut Segar

13 August
21:54 2017
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Belum lengkap rasanya mengunjungi Yogyakarta apabila melewatkan eksotisme kuliner masakan hasil laut di Pantai Depok, Bantul. Ya, diantara deretan pantai-pantai lain di wilayah selatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pantai Depok tampaknya dirancang menjadi pusat wisata kuliner masakan hasil laut.

Salah seorang warga setempat, Supardi kepada RRI, Minggu (13/8/2017) menyatakan, di Pantai Depok tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan hasil laut yang berderet tak jauh dari bibir pantai. 

Menurutnya, beberapa warung makan tersebut ada yang sengaja dirancang menghadap ke selatan agar sensasi menikmati kuliner masakan laut lebih sempurna dimana hamparan laut lepas terlihat luas membentang.

“Warung-warung makan di sini juga menyediakan ikan segar dan hasil laut lainnya. Jadi bagi pengunjung bisa membeli dulu ikan segar, baru bisa dimasak sekalian makan di warung-warung makan itu,” kata Supardi.

Seiring dengan makin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Depok, ternyata menarik minat warga setempat yang dulunya berprofesi sebagai petani berpindah menjadi nelayan dan usaha warung makan.

Beragam menu masakan hasil laut ditawarkan di warung-warung tradisional dengan harga relatif terjangkau. Apalagi jika para nelayan mendarat, terlihat berbagai jenis ikan hasil tangkapan yang segar. Pengunjung bisa langsung memberlinya melalui Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di komplek Pantai depok.

Ditemui terpisah, Sujarwo pengunjung asal Magelang merasakan suasana yang alami ketika memasuki kasawan Pantai depok. Menurutnya bangunan di pinggir pantai yang merupakan warung-warung rakyat terlihat berjejer rapi, menawarkan pemandangan yang alami.

“Kami baru sekali ke Depok ini. Ya, suasananya masih alami, penuh dengan bangunan warung yang masih tradisional. Saya kira akan lebih baik lagi kalau ditata, sehingga nampak lebih bersih dan rapi,” ungkapnya.

Selain dimanjakan dengan menu makanan khas hasil laut seperti kepiting, cumi, udang, ikan kakap dan tongkol, pengunjung juga bisa menikmati suasana kesegaran udara pantai yang masih alami. Usai mengunjungi Pantai Depok, para wisatawan bisa bermain pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo, atau ke Pantai Parangtritis yang tak kalah eloknya. (BD/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00