• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kodim 0605 Lakukan Pengawalan Hilir Giring Air ke Areal Sawah

13 August
21:18 2017
0 Votes (0)

KBRN, Subang : Untuk mengantisipasi kekurangan pasokan air ke areal pertanian ketika musim kemarau, Kodim 0605 Subang dan Pemkab Subang sepakat mendorong percepatan pembangunan sodetan salam darma dari aliran sungai Tarum Timur, sebagai upaya antisipasi jangka panjang.

Komandan Distrik Militer (Kodim) 0605 Subang Letkol (Inf) Fikri Ferdian menyatakan sesuai dengan kewenangannya masing-masing, Pemkab Subang dan Kodim sudah mengusulkan ke Kasad dan Panglima TNI untuk percepatan pembangunan sodetan salam darma tersebut.

"Kami sudah beberapa kali mengusulkan percepatan pembangunan sodetan salam darma itu, baik itu yang dilakukan Pemkab Subang, maupun oleh Kami, namun sampai saat ini belum ada pekembangan yang cukup menggembirakan terkait jawaban dari Pimpinan Kami," tuturnya kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Minggu (13/8/2017).

Sementara itu, untuk mengantisipasi kekurangan pasokan air ke areal sawah di musim kemarau saat ini, pihaknya menurunkan seluruh Anggota Babinsa dalam mengawal hilir giring pasokan air ke areal sawah agar tidak terjadi rebutan.

"Pengawalan hilir giring air ke areal sawah tersebut, merupakan salah satu tanggungjawab TNI dalam melaksanakan pendampingan ketahanan pangan nasional, dan masyarakat Petani Kita atur pembagian airnya, sehingga tidak terjadi rebutan," imbuhnya.

Di tempat yang sama Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih menegaskan, pihaknya bersama dengan Kodim 0605 Subang sedang memperjuangkan percepatan pembangunan sodetan salam darma tersebut. Pemkab Subang sendiri sudah mengusulkan ke Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, padahal Pemerintah Pusat menjanjikan pembangunan sodetan salam darma tersebut di tahun 2017 ini.

"Kita kan dijanjikan oleh Pemerintah Pusat itu di tahun 2017 ini, namun hingga saat ini janji itu belum juga ada realisasinya, namun Kita tetap berupaya melakukan loby-loby untuk percepatan pembangunan sodetan salam darma tersebut," tegas Imas.

Sedangkan kata Imas, guna mengantisifasi ancaman kekurangan air keareal pertanian, Pihaknya sudah meminta Kodim menurunkan Anggota Babinsa untuk melakukan pengawalan gilir giring air.

"Kami sudah meminta ke Pak Dandim, untuk menurunkan Anggota Babinsa, dalam mengawal jadual hilir giring air ke areal pertanian, karena sering terjadi rebutan air antara petani, hal itu guna mengantisifasi hal-hal yang tidak Kita harapkan, seperti terjadinya rebutan bahkan sampai terjadi perkelahian diantara petani," tandas Imas, (RE/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00