• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Command Center Pandeglang Siap Diluncurkan

9 August
14:49 2017
2 Votes (5)

KBRN, Pandeglang: Ruang pengendali informasi atau Command Centermilik Pemerintah Kabupaten Pandeglang memasuki pengerjaan tahap akhir. Saat ini pengerjaan hanya menyisakan penyelesaian interior, pemasangan instalasi jaringan video wall, dan perangkat komputer untur operator. 

Dari pemantauan, sejumlah pekerja tengah sibuk menata interior ruangan Command Center. Belasan layar video yang masing-masing berukuran 51 inchi telah terpasang. Nantinya di ruang berukuran sekitar 6x6 meter itu, akan dipasang sebanyak 15 layar yang dikendalikan oleh 6 orang operator dari 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain itu, disebelah Command Center juga disediakan ruang meeting bupati seluas 3x6 meter.

Kepala Bidang Telematika pada Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, Tubagus Nandar Suptandar menyebutkan, saat ini proses pengerjaan Command Center telah mencapai 85 persen. Belasan aplikasi juga telah disiapkan untuk memudahkan pemantauan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun proses pembangunan. 

"Untuk aplikasi kami sudah siapkan lebih dari 10 aplikasi. Target peresmian yang dijadwalkan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 72, akan terlaksana," ujar Nandar saat meninjau proses pengerjaan Command Center di Gedung Setda Pandeglang, Rabu (9/8/2017).

Dalam peresmian itu, Pemkab juga akan melaunching aplikasi khusus bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan aspirasi. Melalui aplikasi itu Nandar mengklaim, setiap laporan keluhan yang masuk dapat langsung ditindaklanjuti oleh OPD terkait, karena telah terintegrasi pula dengan aplikasi tersebut. 

"Aplikasi analis sosial bagi masyarakat nanti akan jadi bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan pimpinan daerah. Sehingga masyarakat bisa mengadukan kepada pemerintah terkait berbagai persoalan seperti infrastruktur," terangnya.

Adapun enam operator sementara yang ditunjuk untuk mengelola Command Center, yakni Satpol PP, Dishub, BPBD, Diskomsantik, DPUPR, dan Dinkes. Rencananya, pada tanggal 14 Agustus mendatang, Diskomsantik akan melakukan simulai sebelum diresmikan oleh Bupati Irna Narulita.

"Pengaduan harus secara real time online dan yang mengadukan tidak boleh asal-asalan. Itu harus di foto dan nanti koordinat yang melaporkan akan diketahui betul apa tidak yang melaporkan ada di lokasi. Kalau itu tidak sesuai akan tertolak laporannya," imbuhnya. (DF/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00