• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

PBSI Umumkan Pebulutangkis yang Berlaga di SEA Games 2017

19 June
22:15 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengumumkan 20 nama pebulutangkis yang masuk dalam daftar tim inti untuk memperkuat Indonesia di SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada Agustus 2017. Nama-nama pemain muda mendominasi skuat bulutangkis Indonesia di pesta olahraga se Asia Tenggara ini.

Seperti dalam rilis pers yang diterima oleh Radio Republik Indonesia, nama-nama pemain utama seperti Jonatan Christie dan Greysia Polii, masuk dalam susunan tim inti. Namun nama Nitya Krishinda Maheswari tidak masuk dalam daftar, Nitya yang awalnya berpasangan dengan Greysia, masih dalam tahap pemulihan usai menjalani operasi lutut di awal tahun 2017. Masih di sektor ganda putri, ada dua nama pemain yang diperkirakan akan menjadi duet baru di SEA Games 2017, mereka adalah Rosyita Eka Putri Sari/Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Di nomor perorangan, sebanyak 10 wakil akan diturunkan. Di tunggal putra ada Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa. Fitriani dan Gregoria Mariska menjadi andalan sektor tunggal putri di nomor perorangan. Dua ganda putra ada dua pasangan yang sedang naik daun, Berry Angriawan/Hardianto dan semifinalis BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sektor ganda putri bakal diperkuat oleh Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Rosyita Eka Putri Sari/Ni Ketut Mahadewi Istarani. Pasangan Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia dan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi andalan di ganda campuran.

“Kondisi Nitya masih belum pulih, jadi kami memutuskan untuk memasangkan Greysia dengan Apriani dulu,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, Senin (19/6/2017). 

Penyelenggaraan SEA Games 2017 yang bertepatan dengan Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow, Skotlandia, pasukan Pelatnas Cipayung tak bisa turun dengan kekuatan penuh. Pemain-pemain andalan seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir absen di SEA Games tetapi harus menjalankan tugas di kejuaraan dunia. Kendati tidak diperkuat andalan utama, PBSI menargetkan tiga medali emas.

“Kami menargetkan bulutangkis untuk meraih tiga medali emas. Nomor-nomor andalannya adalah beregu putra, ganda putra dan tunggal putra. Mudah-mudahan kami bisa dapat medali emas dari ganda putri,” ujar Susy yang juga merupakan Manajer Tim bulutangkis Indonesia di SEA Games 2017.     

Pada gelaran SEA Games 2015 di Singapura, tim bulutangkis Indonesia sukses menjadi juara umum dengan raihan total sembilan medali yang terdiri dari tiga medali emas, dua medali perak dan empat medali perunggu.

Tiga emas dipersembahkan oleh tim beregu putra, pasangan ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Surwardi serta Praveen Jordan/Debby Susanto di ganda campuran. Sedangkan dua medali perak datang dari pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan pebulutangkis tunggal putri Hanna Ramadini.

Empat perunggu diraih tim beregu putri, pasangan ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani serta pasangan ganda campuran Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

Berikut susunan tim inti bulutangkis di SEA Games 2017 :

Putra : Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa,  Muhammad Bayu Pangisthu, Firman Abdul Kholik, Berry Angriawan, Hardianto,  Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Hafiz Faisal dan  Edi Subaktiar.

Putri : Fitriani, Dinar Dyah Ayustine,  Hanna Ramadini, Gregoria Mariska, Greysia Polii, Apriani Rahayu, Rosyita Eka Putri Sari, Ni Ketut Mahadewi Istarani,  Shela Devi Aulia dan Gloria Emanuelle Widjaja. (Sgd/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00