• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Evaluasi Peraturan Menteri Soal Full Day School

19 June
22:00 2017
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Juru Bicara Presiden, Johan Budi S.P, membantah pemberitaan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) melalui Peraturan Menteri (Permen) Nomor 23 Tahun 2017 terkait penambahan jam sekolah menjadi 8 jam sehari atau full day school, dihapuskan atau dibatalkan.

Setelah ditanyakan langsung kepada Presiden Joko Widodo, Kepala Negara akan mengevaluasi Permen Nomor 23 Tahun 2017. Evaluasi karena banyak penolakan dari banyak pihak termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Organisasi Massa (Ormas) keagamaan terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU).

“Tadi ada pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Ma’ruf Amin dari MUI. Beliau menggelar konferensi pers. Kemudian muncul dibeberapa media bahwa pemerintah membatalkan Permen Dikbud mengenai  full day school. Setelah saya tanyakan langsung ke Presiden, jadi bukan seperti itu. Intinya Presiden melakukan evaluasi terhadap Permen mengenai full day school,” kata Johan Budi, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Senin (19/6/2017).

Selama Permen dievaluasi maka kebijakan penambahan jam sekolah tidak berlaku hingga evaluasi dari Presiden Jokowi rampung. Nantinya Presiden akan mengeluarkan peraturan.

“Setelah melakukan evaluasi, apakah itu dalam bentuk Peraturan Presiden atau lain akan dikeluarkan oleh Presiden. Apakan Peraturan Presiden itu isinya bisa saja berubah, bisa ditambah atau dikurangi. Kita menunggu evaluasi. Sementara ini Permen full day scholl tidak berlakukan. Nanti menunggu evaluasi”.

 “Kebijakan full day school kan dalam bentu Permen. Permen akan dievaluasi setelah mendengar masukan termasuk dari kaum Nahdliyin lalu Presiden melakukan evaluasi. Nah hasil evaluasi akan ditungkan dalam Peraturan Presiden atau sejenisnya, bukan lagi Peraturan Menteri (Permen),” tegasnya. (Sgd/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00