• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ini yang Diwaspadai Agar Jemaah Haji Tak Terserang Heat Stoke

19 June
20:45 2017
1 Votes (3)

KBRN, Jakarta: Jemaah haji di Arab Saudi diminta memperhatikan faktor cuaca. Musim haji tahun ini ditandai dengan cuaca panas dengan suhu diperkirakan di atas 40 Celsius. 

"Yang perlu kita sosialisasikan pada jemaah yang pertama banyak minum, kemudian melindungi dari panas, bisa pakai payung atau pakai alas kaki, kemudian tidak melakukan aktifitas berlebihan. Obat khusus gak ada," ungkap
Kepala Subseksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Madinah dokter Ika Nurfarida Sholeh, Senin (19/6/2017).

Baca juga : Jemaah haji perhatikan pasport

Diakui Ika serangan panas atau lebih dikenal dengan heat stroke di tanah suci menjadi kewaspadaan bersama. Meski pada tahun 2016 tidak ada korban, tapi pada 2015 jemaah haji alami heat sroke sempat ada. 

"Tahun 2015, kematian akibat heat stroke ada. Tahun lalu tidak ada korban. Semoga tahun ini juga (tidak ada)," tambahnya. 

Sosialisasi sejak awal, menurut Ika, cukup ampuh mencegah korban. Jemaah harus paham bagaimana menghadapi situasi. Karena itu, petugas haji gencar menyampaikan kepada jemaah bahaya serangan panas.

Tim medis saat ini terus mempersiapkan diri bertugas di Arab Saudi, Mekah, dan Madinah. Selain strategi penanganan jemaah, juga fasilitas seperti ambulans dan obat-obatan. Mereka juga mempersiapkan tim khusus, baik standby maupun mobile, agar jemaah terlayani dengan optimal.

Baca juga : Gelang barcode jemaah haji

(Benny H/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00