• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Ratusan Seniman Hangatkan Arena PKB ke-39

13 June
20:45 2017
6 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Parade Gong Kebyar menjadi salah satu persembahan bagi masyarakat yang datang ke arena Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39. Pertunjukan kesenian khas Pulau Dewata itupun berhasil menghangatkan areal Taman Budaya Provinsi Bali, yang sejak pagi diguyur hujan.

Tampil dua sanggar dalam Parade Gong Kebyar tersebut, yaitu Sanggar Manik Suari, Gianyar, dan Sekaa Gong Kebyar Dewasa Putra Semara, Klungkung.

Ketua Sanggar Manik Sari, Gianyar, I Made Gede Mantra kepada RRI di Panggung Terbuka Ardha Candra, Selasa (13/6/2017) malam menjelaskan, pihaknya menampilkan empat materi kesenian bertema "kembali ke-awal". Keempat materi yang disiapkan kurang lebih lima bulan itu meliputi tabuh kreasi berjudul loloan, tari kreasi berjudul jiwa arnawa, tari palawakya, dan fragmen tari berjudul iswa guntala.

Seratus seniman dilibatkan pada pementasan yang menyiratkan semangat kesederhanaan kepada masyarakat penikmat seni. 

“Dari sekian penata atau pendukung, mereka itu ingin menonjolkan kesederhanaan. Tidak ingin yang istilahnya yang monyer-monyer (tidak berlebihan-red). Tampil sesederhana mungkin, tetapi tanpa mengurangi rasa estetika dalam musikalisasi,” katanya.

Tidak hanya di Panggung Terbuka Ardha Candra, pementasan juga dihelat di Kalangan Ayodya. Drama gong remaja, perkumpulan lembaga pendidikan PGRI Kabupaten Gianyar, menjadi pamungkas pertunjukan di stage timur Taman Budaya Provinsi Bali. Ni Wayan Seriani selaku Koordinator perkumpulan pendidikan PGRI Kabupaten Gianyar, SMK PGRI Payangan mengatakan, pihaknya menampilkan kesenian yang awam ditengah masyarakat Bali. 

“Tidak drama pada umumnya seperti itu. Saya sedikit kemas dibelakangnya ada seperti dolanan seperti itu. Jadi mereka ada menari beramai-ramai keluar. Jadi kami melibatkan banyak personel, dua puluh enam penabuh, dua puluh tiga penari, kemudian ada stage crewnya,” jelasnya

Sedangkan Rabu (14/6/2017), pengunjung akan disuguhkan beberapa pementasan kesenian, seperti Parade topeng bondres inovasi duta Kabupaten Gianyar, tabuh-tabuh semara pegulingan duta Kabupaten Jembrana, dan lomba taman penasar duta Kabupaten Jembrana. (HRO/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00