• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Cimahi Technopark, Terbaik dari 9 Technopark yang Didampingi BPPT

19 May
08:07 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Sebuah technopark dinyatakan berhasil apabila berhasil menimbulkan pertumbuhan perekonomian disekitarnya dan melahirkan perusahaan-perusahaan pemula dan perusahaan baru.

"Cimahi Technopark merupakan yang terbaik dari 9 technopark yang pembangunannya mendapat pemdampingan dari BPPT," ujar Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi BPPT Gatot Dwianto kepada wartawan di Cimahi Technopark Kamis (18/5/2017).

Kunjungan Deputi Kepala BPPT dan rombongan tersebut, dimaksudkan untuk melakukan evaluasi dan monitoring perkembangan pembangunan Cimahi Technopark.

Menurut Gatot, Cimahi Technopark ini sudah terwujud dan sudah berfungsi dan nantinya benar-benar diharapkan dalam menumbuhkan perekonomian yang ada disekitar Cimahi.

"Kita terus melakukan evaluasi terhadap 9 teknopark yang didampingi BBPT, berupa pembangunan hardware, software, Cimahi Technopark ini yang kita nilai yang terbaiklah, karena bisa menjawab kriteria-kriteria pembangunan sebuah technopark," sebutnya.

Gatot menjelaskan, pembangunan technopark itu macam-macam seperti di Pelelawan bukan pembangunan technopark lagi melainkan technopolitan karena luas lahannya saja mencapai 3.600 hektar bidang sawit.

"Belum ada perusahaan atau ankernya yang dapat kita dukung, karena memang tidak mudah," imbuhnya.

Demikian pula technopark di Pekalongan bidang perikanan, memang jalan semua aku Gatot, tetapi tidak semudah segairah yang di Cimahi.

"Namun kita dorong semua, agar mereka berjalan dan terus berkembang.Saya optimis Cimahi Technopark akan segera terwujud dan berfungsi,"tandasnya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi Benny Bachtiar mengatakan, kunjungan tim BPPT itu merupakan peluang baik Pemkot Cimahi untuk mengetahui dan melengkapi dari apa kekurangan-kekurangan yang masih dihadapi technopark.

"Karena dari sisi teknologi, risert dan sebagainya mereka  memiliki pehamanan Cimahi Technopark ini mau dibawa kemana," ujarnya.

Sementara itu kata Benny, pihaknya akan terus mendorong agar Cimahi Technopark terus mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

"Pengadaan kelengkapan Cimahi Technopar cukup memakan biaya yang sangat besar, yakni mencapai  48 milyar rupiah.Bila itu tercukupi kegiatan di Cimahi Technopark akan lebih baik lagi," imbuhnya. (AH/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00