• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BRG Belum Laksanakan Restorasi Gambut di Jambi yang Jadi Prioritas 2017

20 February
14:06 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jambi : Meski tahun 2017 Provinsi Jambi  menjadi salah satu daerah prioritas program restorasi gambut Pemerintah Pusat melalui Badan Restorasi Gambut (BRG) , namun berlalu satu bulan, belum ada kegiatan maupun program yang dilaksanakan oleh BRG Jambi. Hal itu dikhawatirkan akan berdampak terhadap hasil akhir restorasi atau pemulihan kembali lahan gambut nantinya, misalnya luasan lahan gambut yang berhasil dipulihkan, menurut Koordinator Pengelolaan Gambut Berkelanjutan, Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) WARSI Jambi, Nelly Akbar.

Nelly Akbar mengatakan seharusnya saat ini sudah ada kegiatan yang dilaksanakan, misalnya re-wet atau pembasahan lahan gambut  dan pembuatan kanal, sebagai tahap awal pelaksanaan restorasi lahan gambut yang terdiri dari tiga bagian penting yaitu restorasi, revegetasi dan revitalisasi. Pembasahan lahan gambut sangat tepat dilakukan saat musim hujan saat ini, karena lahan gambut menyimpan cadangan air yang cukup.  Jika pembasahan dilakukan pada musim kemarau atau mulai sekitar April-Mei , hasilnya tidak akan memuaskan, karena kondisi lahan gambut telah kering.

”Kita tidak tahu apakah karena masalah pendanaan atau ada masalah lain sehingga sampai saat ini belum ada kegiatan yang dilakukan BRG di Jambi. Saat ini masyarakat Jambi masih menunggu upaya apa yang akan dilakukan oleh BRG untuk dapat merestorasi lahan gambut di Provinsi Jambi. Termasuk pelibatan masyarakat desa di sekitar kawasan gambut melalui program pemberdayaan dan peduli gambut,” ujar Nelly Akbar, Senin (20/2/2017).   

Dijelaskannya, jika program dilaksanakan pada awal tahun, maka begitu menjelang akhir tahun ternyata masih ada kawasan yang masuk dalam pemetaan restorasi ternyata belum tersentuh, maka pemerintah akan bisa meminta bantuan perusahaan, masyarakat, maupun LSM untuk turut membantu restorasi di kawasan tersebut.  

Sebelumnya, BRG mentargetkan sekitar 151 ribu hektar lahan gambut di Provinsi Jambi untuk direstorasi pada tahun ini. Lahan gambut tersebut tersebar di tiga kabupaten, yaitu Muaro Jambi, Tanjungjabung Barat, dan Tanjungjabung Timur.  (Tatik Wijaya/NGH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00