• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

GKR Hemas : Pastikan Jaminan Hukum Bagi Keterwakilan Perempuan

17 February
21:59 2017
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Kaukus Perempuan Parlemen Kalimantan Tengah diminta untuk ikut memastikan adanya jaminan hukum bagi keterwakilan perempuan . Organisasi ini diminta untuk terus memperjuangkan catatan besarnya yakni keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

Demikian diingatkan oleh Ketua Presidium Nasional KPP RI , Gusti Kanjeng Ratu Hemas dalam acara pelantikan pengurus kaukus perempuan parlemen Provinsi Kalteng di kantore DPRD Kalteng, Jumat (17/2/2017).

Dijelaskan Ratu Kraton Yogyakarta ini, KKP sangat berharap  rancangan UU Pemilu yang menjadi isu krusial nasional,  dapat selesai secepatnya walau menunggu minimal waktu dua tahun.  Artinya paling lambat rancangan UU Pemilu sudah dapat diselesaikan pada akhir April 2017.

Untuk itu ia menganggap penting agar KPP  memastikan adanya jaminan hukum bagi keterwakilan perempuan. Sepinya partisipasi politik perempuan, jelasnya,  pada pilakada serentak pada 101 daerah yang lalu hanya terdapat  44 perempuan dari total 614 calon yang artinya bertengger pada  angka 7, 17 persen. Dari jumlah itu diketahui,  38 perempuan maju dari jalur parpol dan sisanya dari jalur perseorangan,

“Hal ini hendaknya menjadi cambuk bagi KPP   bahwa semua harus didorong.  Keterwakilan perempuan tidak hanya menjadi tanggung jawab perempuan tapi menjadi tanggung jawab bersama  semua yakni perempuan dan  kaum laki laki”, jelasnya.(NATA/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00