• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Belum Tentu AHY-Silvy Dukung Anies, Pengamat Sarankan Fokus 25% Pemilih Cair

17 February
21:03 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dinamika politik kepartaian di Indonesia sangatlah cair karena didasari pada koalisi pragmatis, bukan ideologis, menurut pengamat politik nasional, Emrus Sihombing, mengatakan bila didasari nilai ideologis akan membuat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus-Silvy, menolak dua pasangan yang maju ke putaran kedua.

Emrus mengatakan kepada RRI, Jumat (17/2/2017), bahwa karena didasarkan pada nilai pragmatis, kesempatan Paslon nomor 2 bergabung ke salah satu calon yang ada masih berimbang.

"Namun, kita harus lihat juga bahwa ada3 partai yang menurut saya itu sangat cari bisa ke pendukung Ahok, dan bisa mendukung Anies. Jadi tidak serta merta sebagaimana di wacana publik bahwa otomatis ke Anies," kata Emrus.

Alasannya, menurut Emrus, adalah tiga partai pengusung Agus-Silvy, yakni PKB, PPP, dan PAN, saat ini berada di dalam pemerintahan Joko Widodo.

Ia mengatakan dukungan AHY-Silvy akan sangat tergantung dari komunikasi politik yang dilakukan masing-masing tim sukses Paslon 2 dan 3, termasuk kompromi politik yang akan terjadi di dalamnya.

Ia mengingatkan juga kepada masing-masing paslon yang maju agar lebih fokus kepada 25% pemilih yang belum menentukan pilihan, ketimbang menantikan dukungan AHY-Silvy, karena nilai suaranya jauh lebih besar daripada hasil yang dicapai AHY-Silvy. (NGH/Foto: Antara/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00