• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Festival Jenang Nusantara, 24 Ribu Takir Jenang Ludes dalam Sekejap

17 February
13:53 2017
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Sebanyak 24.000 takir jenang (bubur), dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma dalam Festival Jenang Nusantara (FJN) 2017, Jumat (17/2/2017). FJN diselengarakan di Koridor Ngarsopuro depan Pura Mangkunegaran, dalam rangka Hari Jadi Kota Solo 272.

Pantauan RRI, kegiatan tahunan itu berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB, setelah upacara peringatan hari jadi di Stadion R Maladi Sriwedari selesai. FJN diawali dengan kirab (karnaval) dari Sriwedari menuju koridor Ngarsopuro dengan jarak sekitar 1,5KM.

Kirab tersebut mengusung gunungan berupa 272 takir jenang nusantara. Wali kota FX.Hadi Rudyamo, Wakil Wali kota Achmad Purnomo, dan Pimpinan OPD Pemkot Surakarta turut berjalan kaki. Begitupula dengan peserta upacara yang mengenakan pakaian adat jawa itu juga mengikuti kirab.

Setibanya di kawasan Ngarsopuro, Wali Kota membuka secara simbolis pembagian puluhan ribu jenang pada masyarakat kota bengawan. Namun sebelum pembagian jenang, dilakukan upacara selamatan dengan doa bersama.

Ketua Festival Jenang 2017, Septando Hijri Safara menjelaskan, 24 ribu takir jenang yang dibagikan terdiri dari berbagai jenang dari penjuru Nusantara.

“Ada 17 daerah yang bergabung bersama disini. Antara lain Palembang, Lampung, Banjarmasin, Papua, Jawa Barat, Manado dan daerah-daerah lainnya,” kata Septando kepada wartawan di sela-sela FJN.

Saat FJN 2017 di-display dan dikenalkan beragam jenis jenang nusantara.

"Bagi masyarakat yang ingin mengenal jenang lebih dekat, ekspo pesona jenang nusantara di kawasan Ngarsopuro," lanjutnya.

Ribuan masyarakat hadir dalam FJN 2017. Tidak hanya masyarakat Solo dan sekitarnya, namun banyak pengunjung dari luar daerah.

Salah seorang pengunjung dari Boven Digoel, Papua, Petronella, mengakui festival jenang cukup mengedukasi masyarakat mengenai makanan khas daerah.

“Di sini saya bisa mencoba berbagai macam jenang yang belum pernah saya rasakan sebelumnya,” ucapnya

Luciana warga Yogya, mengaku senang dapat mencicipi kuliner berupa jenang Nusantara. Ia bahkan sempat mencoba sejumlah bubur dari berbagai daerah.

"Disini saya dapat merasakan aneka makanan dari berbagai daerah. Tadi sempat maakan bubur Banjarmasin, dan Manado. Rassanya enak," paparnya. (MI/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00