• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mendikbud Genjot Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa

17 February
12:22 2017
1 Votes (5)

KBRN, Madiun : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi, berkunjung ke sejumlah sekolah wilayah Madiun, Jum'at (17/2/2017). Sekolah yang dikunjungi, antara lain SD Negeri Klitik Kabupaten Madiun dan MTsN Kota Madiun.

Dalam kunjungannya, Muhadjir menyempatkan diri berdialog dengan guru dan sejumlah siswa. Bahkan ia juga sempat berfoto selfie dengan sejumlah siswa madrasah dan staf pengajar. Ia menyatakan, tahun 2017 ini pemerintah dalam hal ini Kemendikbud akan menggenjot penguatan pendidikan karakter.

Dikatakan Muhadjir, hal tersebut merupakan program prioritas yang menjadi motor utama kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dan kebudayaan.

"Sebetulnya di Indonesia ini ada masalah besar berkaitan dengan pendidikan, bahwa settingannya harus dirubah dan dibenahi terutama di tingkat SD dan SMP atau madrasah. Jadi penguatan pendidikan karakter itu adalah pertama yang harus dibentuk," ungkap Mendikbud Muhadjir disela-sela kunjungannya di MTsN Kota Madiun, Jum'at (17/2/2017).

Ia menyatakan, jika pihak sekolah memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi siswa untuk bisa membentuk karakternya sesuai dengan pembawaannya dan nalurinya, Muhadjir meyakini anak-anak bangsa Indonesia tidak akan kalah bersaing dengan anak-anak dari negara lain.

Lebih lanjut diungkapkannya, tiga kegiatan inti dalam hal ini intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler akan menjadi praktik penerapan di sekolah percontohan penguatan pendidikan karakter. Penguatan lima nilai utama karakter tersebut meliputi religius, nasionalis, gotong royong, mandiri dan integritas. (EW/DS)

  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Dedi Sudiana

    Redaktur Puspem
    nafarel8@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00