• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Semangat Kebhinekaan di Sanggau, Lintas Etnis Ramaikan Perayaan Cap Go Meh

12 February
20:11 2017
1 Votes (5)

KBRN, Sanggau: Etnis Tionghoa di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat diminta tetap kompak menjaga dan melestarikan tradisi warisan nenek moyang, salah satunya tradisi pembersihan kota oleh Tatung.

"Tak perlu jauh-jauh nonton Tatung, Sanggau juga bisa menghadirkan Tatung untuk disaksikan masyarakat, walaupun tak semeriah di Singkawang. Saya harap kedepannya bisa dipersiapkan lebih baik lagi, sehingga orang-orang diluar Sanggau pun mau datang kesini untuk menyaksikannya," kata Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Minggu (12/2/2017).

"Saya minta tradisi ini terus dipertahankan, terutama oleh generasi mudanya. Tidak hanya adat budaya etnis Tionghoa, dari suku bangsa lainnya, saya minta tradisinya dilestarikan karena kita ingin mewujudkan Sanggau yang berbudaya," tambahnya.

Lebih lanjut, Yohanes Ontot mengingatkan masyarakat agar tidak terpancing isu intoleransi. Ia mengatakan, masyarakat harus bisa menunjukkan sikap bahwa Sanggau adalah Kabupaten yang kompak dengan keberagaman etnis dan agama.

"Mari tunjukkan kepada masyarakat diluar sana bahwa Sanggau ini kompak dengan beragam suku dan agama, contohnya pada karnaval budaya kemarin. Tidak hanya masyarakat Tionghoa saja yang ikut, tapi banyak juga masyarakat Melayu, Dayak, Jawa, Batak dan lainnya ikut berpartisipasi untuk memeriahkan perayaan Cap Go Meh di Sanggau ini," tutupnya. (DW/Humas Setda Sanggau/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00