• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Yonkav 12/ BC, Satu-satunya Tim Peserta Festival Barongsai dari TNI

11 February
18:37 2017
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak: Batalyon Kaveleri-Yonkav 12/Beruang Cakti  Kodam XII Tanjungpura  yang merupakan satu-satunya Batalyon yang memiliki Tim Barongsai di Indonesia sangat percaya diri tampil di pawai Cap Go Meh di Kawasan jalan Gajah Mada Pontianak. Tidak hanya itu Yonkav 12/BC  juga telah menurunkan dua tim barongsai sekaligus di ajang Mandiri Festival babak III serangkaian Perayaan Cap Go Meh 2568 di Pontianak,  akan digelar  di Jalan Diponegoro Pontianak, Minggu (12/2/2017).

“Keikutsertaan kami diajang Festival barongsai ini, merupakan sarana untuk peminaan teritorial  Yonkav dengan masyarakat di Pontianak  yang notabene sebagian diantara masyarakatnya warga keturunan Tionghoa. Disamping agar TNI, khususnya Yonkav 12/BC lebih dikenal masyarakat bahwa TNI juga mampu belajar dan berperan serta dalam seni budaya barongsai,” jelas Anggota Tim Barongsai Yonkav 12/BC Kodam XII /TPR Sersan satu (Sertu) Agustiawan Wahyono Disela-sela pawai Cap Go Meh 2568 di Pontianak, Sabtu (11/2/2017).

Mengenai persiapannya dalam menghadapi festival Barongsai ini, kami sudah mempersiapkannya lebih dari dua bulan di Yayasan barongsai tertua di Kota Pontianak, yaitu yayasan Budi Agung, bahkan sudah bergabung di Yayasan ini sejak tahun 2009 hingga generasinya sekarang.

“Tim Barongsai Yonkav 12/BC sendiri sudah pernah mengikuti festival di  Banjarmasin dan mendapat juara Favorite karena satu-satunya peserta dari TNI. Tidak hanya Barongsai, Yonkav 12/BC biasanya juga ikut ambil bagian dalam atraksi naga, namun karena tahun ini Yayasan bhakti suci tidak menyelenggarakan sehingga pihaknya juga tidak dilibatkan,” ujarnya. (Hermanta/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00