• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Aksi Tatung dan Pawai Naga Akhiri Perayaan Imlek di Sintang

11 February
13:11 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sintang : Puncak  perayaan Imlek di Sintang ditandai dengan pawai Tatung dan Barongsai.  Pawai Tatung dan arakkan Naga meliuk- liuk  melewati jalur jalan Brigjen Katamso, jalan Jendral Sudirman, memutar tugu bambu runcing, jalan MT. Haryono dan berakhir di vihara Kwan Ti, Sabtu (11/02/2017) siang.

Kerumunan masa yang ingin menyaksikan atraksi Tatung dan Barongsai terlihat mulai  Vihara Hati Mulia, jalan Majapahit Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang.

Sebelum pelaksanaan pawai diawali dengan prosesi ritual pemanggilan roh leluhur dan doa - doa agar proses pelaksanaan kegiatan tatung dan pawai Naga berjalan aman dan lancar. Acara yang digelar di halaman Vihara Hati Mulia yang terletak di jalan Majapahit  tersebut telah dimulai sejak pagi hari.

Paur Subbag Humas Polres Sintang  Iptu Hariyanto mengatakan, pawai Naga dan Tatung  ini agak berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya. Pelaksanaanya tidak terlalu meriah  hanya ada 1 tatung dan 1 naga saja yang mengikuti pawai tersebut.

“Menurut keterangan warga, banyak warga etnis Tiong hoa ke Pontianak dan Singkawang, karena acara  di Singkawang lebih ramai,“ jelas Hariyanto. 

Walaupun kegiatan tidak  semeriah biasanya,  pihak Kepolisian tetap melakukan pengawalan dan pengamanan dilokasi acara.

“Polres Sintang menurunkan sebanyak 78 personil untuk mengamankan kegiatan tersebut. Kita harus  memberikan rasa aman dan kelancaran rangkaian kegiatan pawai dan bersyukur kegiatanya aman,“ pungkas Hariyanto. (Fik/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00