• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Hujan Deras, Menteri Siti Bingung masih Ada Titik Api

8 February
20:50 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengaku heran dengan titik api (Hotspot) di Riau padahal musim hujan.

Menteri Siti mengatakan selalu memonitor perkembangan kondisi di lima kabupaten di Riau yang kerap dilanda kebakaran lahan gambut yaitu Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Dumai dan Meranti. Kelima kabupaten tersebut telah ditetapkan statusnya siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Saya sudah memonitor walau hujan terus, hotspot ada saja. Saya heran saja walau hujan deras, masih muncul hotspot.  Kualitas udara naik turun. Saya curiga pasti ada yang tidak pas,” kata Menteri Siti, kepada wartawan, Rabu (8/2/2017).

Menteri Siti mengatakan telah menyiagakan satu unit helikopter di Riau. Heli tersebut dipergunakan untuk patroli. Kegiatan patroli memastikan tidak ada lagi titik api. Selain itu, heli untuk operasional hujan buatan. Mengenai status siaga, menurut Siti bertujuan agar kesedaran masyarakat dan pemerintah daerah semakin tinggi untuk mencegah kebakaran agar tidak semakin meluas.  Secara umum, kondisi di Riau semakin bagus.

“Saya sudah taruh satu pesawat heli. Itu sudah dua minggu disana. Kita stand by kan saja heli. Ini untuk persiapan patroli dan lain-lain. Tetapi banyak dipakai untuk patroli. Juga dipakai gubernur dan baguslah. Kesadaran siaga lebih awal,” ujarnya. (Sgd/Rini H/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00