• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Begini Cara Mengetahui Klinik "Abal-Abal"

10 March
10:16 2016
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Keberadaan klinik tak berizin alias ilegal, meresahkan masyarakat. Keberadaan klinik abal-abal berbahaya bagi korban bukan hanya kesehatan namun juga nyawa menjadi taruhannya. Lantas, bagaimana membedakan antara klinik ilegal dengan resmi?.

Direktur Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia, Marius Widjajarta mengatakan bagi masyarakat awam, sulit mengetahui klinik ilegal. Namun ada beberapa indikasi yang harus menjadi perhatian masyarakat. Pertama, pastikan klinik memiliki pembuangan Limbah medis padat.

Pembuangan limbah merupakan salah satu syarat untuk membuka klinik, yang ditandai dengan memiliki surat izin analisis dampak lingkungan (Amdal). Nah selama ini persyaratan memiliki pembuangan limbah dianggap sebagai persyaratan yang memberatkan sehingga tidak sedikit klinik yang nekat beroperasi  kendati tidak memiliki amdal pembuangan limbah.

“Bukan hanya dilihat dari bangunan saja. Lihat saja pembuangan limbah. Untuk memenuhi syarat, klinik yang betulan adalah pembuangan limbah diperketat. Klinik di hotel, di mall apa ada izin? . Soalnya syarat terberat harus ada pembuangan limbah,” kata dokter Marius Widjajarta dalam perbincangan dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (10/3/2016).

Kedua, berdasarkan aturan, klinik itu terdiri dari dua jenis yakni klinik pratama atau kesehatan dasar dengan penanggungjawab dokter umum atau gigi. Selanjutnya adalah klinik utama dengan penanggungjawab dokter spesialis. Terkadang ada klinik jenis klinik pratama namun pelayanannya adalah spesialis. Menurutnya ngawur.

Ketiga adalah surat izin operasional klinik yang harus ditulis di papan nama klinik sehingga masyarakat dapat mengetahui. Ke-empat izin praktek dokter dan nama dokter yang praktek, juga harus dicantumkan di meja receptionist. (Sgd/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00