• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Siaga Karhutla, Sumsel Bangun Sekat Kanal di Lahan Gambut

22 January
17:32 2017
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Sejumlah langkah antisipasi disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mencegah kembali terulangnya bencana kebakaran hutan dan lahan menyusul ditetapkannya Siaga Karhutla di Sumsel yang akan dimulai pada tanggal 1 Februari 2017 .

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan pembasahan lahan secara berkelanjutan melalui pemasangan embung dan membangun sekat kanal di lahan gambut, agar tetap tetap basah dan terjaga. “Sebanyak Rp. 120 milyar dana disiapkan untuk program ini,” ujar Ekowati di Palembang, Minggu (22/1/2017).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Selatan Ekowati Retnoningsih mengungkapkan, pembuatan sekat kanal yang menggunakan dana Pemerintah hanya dikhususkan untuk lahan gambut diluar lahan konsesi. Sementara untuk lahan konsesi, tanggungjawab sekat kanal diserahkan kepada pihak korporasi.

Ekowati menggatakan, dana untuk sekat kanal diperoleh dari Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mengantisipasi kebakaran dilahan gambut pada tahun 2017. Program ini akan segera dilaksanakan mengingat potensi kebakaran tahun ini yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini ami dapat Rp.120 milyar dari APBN melalui Badan Restorasi Gambut (BRG). tahun ini fokus untuk pembuatan sekat kanal dulu,” bebernya.

Menurut Ekowati, Selain untuk pembuatan sekat kanal, dana APBN juga dialokasikan untuk upaya pencegahan karhutla di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kehutanan setempat.  Sementara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan hanya membantu anggaran operasional sebesar Rp. 4 milyar yang disebar disejumlah SKPD.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00