• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bantuan Pemulangan Warga Sumbar di Wamena Terkumpul Rp 4 M

2 October
15:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang; Bantuan terus mengalir bagi perantau Minangkabau yang menjadi korban rusuh di Wamena, Papua. Bantuan yang ditujukan untuk pembiayaan pemulangan korban itu, telah terkumpul mencapai Rp 4 miliar.

Menurut Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, bantuan diperkirakan terus bertambah. Sebab rekening donasi masih dibuka.

“Sudah mencapai Rp4 miliar. Saat penggalangan dana malam tadi di Jakarta terkumpul Rp 3,1 miliar. Kemudian yang dikumpulkan Biro Bina Mental melalui rekening 'Sumbar Peduli Sesama' hampir Rp 1 miliar,” ucap Nasrul Abit, saat menerima sumbangan dari Pengadilan Tinggi Agama Sumbar, di Padang, Rabu siang (2/10/2019).

Nasrul Abit membeberkan, untuk memulangkan perantau Minangkabau dari Wamena, diperkirakan butuh dana sekitar Rp 2,5 miliar. Sementara bantuan yang terkumpul saat ini melebihi. Rencananya, bantuan itu diberikan dalam bentuk santunan pada korban kerusuhan.

"Kami bersama tokoh-tokoh Sumbar akan bahas pemberian santunan. Berapa besarannya, itu yang akan dibicarakan juga,” ulasnya.

Nasrul Abit menambahkan, dari data yang diperolehnya, jumlah perantau Minangkabau di Wamena mencapai 1.470 orang. Tercatat 130 orang dalam perjalanan pulang menggunakan jalur laut. Ratusan lainnya diangkut menggunakan pesawat Hercules ke Jakarta. Pergerakan pulang warga Sumbar di Wamena diakibatkan kerusuhan beberapa waktu lalu. Tercatat 10 orang perantau asal Sumbar meninggal, serta tempat tinggal ataupun toko banyak yang terbakar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00