• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polres

Plt Kadis DPMG Lhokseumawe Ditahan Karena Dugaan Ujaran Kebencian di Facebook

15 May
21:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe: Satuan Reserse dan Kriminal (Sat reskrim) Polres Lhokseumawe, Selasa (15/05/2018) resmi melakukan penahanan terhadap Bukhari bin Syama'un (48) Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Lhokseumawe, karena telah melakukan ujaran kebencian kepada Institusi Polri dan Pemerintah melalui status di Akun Facebooknya.

"Ya, yang bersangkutan resmi kita tangkap tadi siang, dan sekarang sudah resmi kita tahan di Mapolres", ujar Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, AKP Budi Nasuha Waruwu kepada RRI Lhokseumawe.

Penangkapan ini ujar Kasat Reskrim, berawal pada hari ini Selasa tanggal 15 Mei 2018 sekira pukul 11.00 wib, bertempat di Kota Lhokseumawe, bersama Kanit Lidik III Tipidter Sat Reskrim,  melakukan patroli cyber di media sosial,  selanjutnya ditemukan akun facebook BUKHARI SYAMRUH dan akun facebook  BUKHARI Sr yang menulis tulisan yang diduga menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). 

Selanjutnya diketahui bahwa pemilik kedua akun facebook tsb yakni BUKHARI Bin SYAMA'UN, usia 48 tahun, pekerjaan PNS (Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kota Lhokseumawe) dan beralamat di Jl. Pesantren Ulumuddin Desa Uteunkot Kec. Muara Dua Kota Lhokseumawe.

Polisi juga Menyiapkan administrasi penyidikan, Mengamankan terduga, Mengamankan barang bukti (Handphone, akun facebook dan screen shoot tulisan yg diduga menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan). Kemudian Melakukan gelar perkara, memeriksa Saksi dan Terduga. 

Bahkan untuk rencana tindak lanjut akan Melakukan pengambilan keterangan ahli IT ahli Bahasa serta memeriksa Saksi lainnya. Demikian AKP Budi Nasuha. (DY) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00