• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESRA - SOSBUD

Peringati 21 tahun Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Biak gelar Doa Bersama

17 February
22:44 2017
0 Votes (0)

KBRN,Biak : Tanggal 17 Februari 1996, 21 tahun lalu, terjadi bencana gempa bumi  dan tsunami di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua,dengan kekuatan 8,3 SR, dan menelan seratusan korban jiwa ,dan harta benda.

Peristiwa tersebut, diperingati kembali dengan menggelar doa bersama,   doa lintas agama yang  dibawakan oleh 5 pemuka agama, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu dan Budha , berlangsung Jumat malam, (17/2/107) pukul 20.00 Wit,dipusatkan di Lapangan Putra Angkasa Biak.

Ketua Panitia, Jimmy Krobo mengatakan, momen tersebut sangat penting untuk mengenang kembali 21 tahun bencana di Biak,dan sebagai Ketua KNPI beserta  seluruh elemen masyarakat merapatkan barisan untuk membangun Biak Numfor.

“ Ini sebagai momentum  sejarah yang penting bagi kita di Kabupaten Biak Numfor, khususnya bagi kita generasi muda,serta sema komponen masyarakat, untuk kembali merefleksikan apa yang telah dilakukan, dan bagaimana ke depan berkomitmen membangun daerah ini,”ujar Jimmy.

DPD  KNPI Biak Numfor juga merekomendasikan kepada Pemda ,tanggal 17 Februari sebagai agenda tahunan Kabupaten Biak Numfor.

Sementara Ketua Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Biak Numfor, Yunus Saflembolo dalam kesempatan tersebut, menyapaikan bahwa  bencana gempa dan tsunami 21 tahun lampau, masuk dalam 10 bencana besar di dunia, dan ini menjadi perhatian bagi Pemerintah untuk mampu mengantisipasi pencegahan bencana alam ke depan.

  Bencana Gempa Bumi dan Tsunami 21 tahun lalu, diperkirakan menelan seratusan korban jiwa, juga yang luka-luka serta kehilangan harta benda, dan terbanyak  terjadi  di Biak Utara, yang kini masuk dalam zone merah, daerah rawan bencana ,” katanya.

Selain doa bersama, sore hanrinya juga dilakukan pembagian ratusan  bunga kepada warga masyarakat di sepanjang jalan protokol di Biak, yang melibatkan Organisani Kepemudaan (OKP), diantaranya Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI)  dan Gerakan Angkatan Mudi Kristen Indonesia (GAMKI) Biak Numfor..(OP)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00