• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

WARTA POLITIK DAN PARLEMEN

Survei CiGMark, Oded Teratas, Tapi Belum Aman Pada Pilwalkot Bandung 2018

20 December
19:15 2017
0 Votes (0)


KBRN, Bandung: Bakal Calon Walikota Bandung Oded M Daniel tempati urutan teratas  dari survei yang dilakukan CIGMark Research & Consulting, 1-12 Desember 2017 terhadap 440 responden. nama Oded berada di urutan pertama dengan elektabilitas 27,3 persen. Disusul mantan Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda dengan 8,1 persen, presenter M Farhan 8,0 persen, politisi Partai Golkar Nurul Arifin 5,5 persen, Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto 5,1 persen, dan beberapa sosok lain.

"Peluang Oded untuk menjadi walikota ada tapi masih rawan, tidak seabsolut jika Ridwan Kamil kembali maju dalam Pemilihan Walikota Bandung," ujar CEO CiGMark Research & Consulting Panca Pratama dalam rilis survei di Hotel Grand Serela Bandung, Rabu (20/12/2017).

Ada sejumlah faktor yang membuat posisi Wakil Wali Kota Bandung ini belum aman. Salah satunya adalah jumlah pemilih mengambang (swing voters) yang masih cukup tinggi, yakni 77,3 persen. Sementara, pemilih kuat (strong voters) Oded baru 10,4 persen. Ditambah, pertarungan politik yang masih sangat dinamis di Kota Bandung.

"Swing voters ini masih menunggu waktu yang tepat untuk menentukan pilihan mereka, seperti masa kampanye ketika calon mengumumkan program dan janjinya," tutur Panca.

Selain itu, munculnya figur-figur kandidat walikota Bandung berlatar belakang artis, seperti Nurul Arifin dan Farhan, berpotensi menjadi ancaman bagi Oded di pemilihan tahun depan. Pasalnya, menurut Panca, masyarakat saat ini tidak melihat partai politik pengusung, melainkan figur yang dicalonkan menjadi seorang kepala daerah.

"Politic endorsement cukup memiliki pengaruh bagi pemilih, dimana kultur di Indonesia pada umumnya sangat paternalistik," pungkas Panca. (AZ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00