• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Irwandi-Nova Masih Unggul di Pilgub Aceh, Muzakir Manaf-T.A Khalid Urutan ke-2

18 February
01:11 2017
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh nomor urut 6, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah mengklaim dirinya masih unggul pada perolehan suara di Pilkada serentak 2017.

Menurut hasil hitung cepat yang dilakukan oleh tim pendukungnya, pasangan ini memperoleh suara terbanyak dengan jumlah persentase sebesar 37,52 persen.

“Kami menyampaikan hasil perhitungan dan rekapitulasi suara berdasarkan formulir C1 yang diperoleh langsung dari saksi Irwandi-Nova dari KPPS masing-masing TPS, dengan total suara yang sudah masuk ke sekretaris bersama (Sekber) Irwandi-Nova adalah sebanyak 2.166.475 atau 63,13 persen dari total DPT yang menggunakan hak pilihnya di Pilkada Aceh yaitu sebanyak 66 persen. Sedangkan suara yang belum masuk sekitar 4 persen yang tidak akan mengubah peringkat perolehan suara,” kata Irwandi dalam jumpa pers di Banda Aceh, Jumat (17/2/2017).

Menurut hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh pasangan nomor 6 ini, paslon nomor urut 5 Muzakir Manaf-T.A Khlid yang menjadi rival terberatnya itu, berada di posisi ke dua dengan torehan sebanyak 678.264 suara atau 31,31 persen.

Sementara peringkat ke tiga direbut oleh pasangan nomor urut 1 Tarmizi Karim-Machsalmina Ali dengan total suara sebanyak 361.053 atau 16,67 persen.

Peringkat ke empat pasangan nomor urut 4 Zaini Abdullah-Nasaruddin dengan jumlah suara sebanyak 7,16 persen. Sementara pasangan nomor urut 2 Zakaria Saman-T. Alaidinsyah dengan pasangan Abdullah Puteh-Sayet Mustafa Usap masing-masing berada di peringkat ke lima dan enam.

Pada kesempatan itu Irwandi juga mengatakan, saat ini proses rekapitulasi surat suara masih terus berlangsung di tingkat kecamatan, namun menurut laporan para saksi dari pasangan ini di lapangan, sebagian kecamatan telah selesai dilakukan rekapitulasi.

“Sehingga kami meminta agar seluruh saksi Irwandi-Nova, pengurus, kader partai pengusung, seluruh relawan dan segenap masyarakat Aceh untuk sama-sama ikut mengawal proses rekapitulasi yang sedang berjalan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta kepada penyelenggara Pilkada agar bersikap netral dan professional dalam melakukan proses rekapitulasi surat suara. Disamping itu pihaknya juga meminta kepada aparat keamanan juga terus melakukan pengawalan terhadap proses rekapitulasi suara hingga selesai.

Sementara itu, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Ridwan Hadi menyampaikan, proses rekapitulasi suara akan dirapat plenokan baik di tingkat PPK, kabupaten kota hingga provinsi.

“Siapa saja boleh melakukan hitung cepat, dan masyarakat juga sah-sah saja untuk melihat hasil hitung cepat, namun hasil resminya akan ditetapkan oleh KIP Aceh, baik di tingkat kecamatan, kabupaten kota hingga provinsi. Jadwal rapat pleno pengumuman hasil rekapitulasi resmi dari KIP Aceh tanggal 25-27 Februari, nanti kita putuskan hasilnya,” kata Ridwan Hadi.

Menurut hasil hitung TPS (Form C1) Provinsi Aceh yang dirilis oleh website Pilakda2017.kpu.go.id pukul 01.03 WIB, Sabtu (18/2/2017), pasangan Irwandi-Nova juga masih unggul dengan jumlah 526.600 suara atau 39,33 persen. Sementara pasangan nomor urut 5 Muzakir Manaf-T.A Khalid masih berada di peringkat ke dua dengan jumlah 418.825 suara atau 31,28 persen. Data ini masih bersifat sementara dan bukan final, karena data Form C1 yang dipublish di website resmi KPU ini masih 54,59 persen suara. Mj

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00