• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

INKOPOL Jamin Harga Gula Pasir Di Perbatasan Aman Hingga Desember 2017.

20 May
07:07 2017
0 Votes (0)

KBRN, Atambua: Kepolisian RI melalui Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia, ditunjuk Kementerian Perdagangan RI, menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1438H. Melaksanakan giat pasar murah  Khusus gula pasir di wilayah Kabupaten Belu.

Kepala Divisi Perdagangan dan Pergudangan Induk Koperasi Kepolisian  Negara RI, Irjen Pol Purn. Mujiwaluyo, mengatakan operasi pasar dilaksanakan untuk menstabilkan harga dan keamanan  pangan, khusus masyarakat di perbatasan, Kamis  (18/5/2017).

Dijelaskan, operasi pasar murah khusus gula pasir, mendistribusikan sebanyak 25 ton Ke masyarakat perbatasan RI-RDTL,  gelar pasar murah di laksanakan di dua lokasi, Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur dan Pasar Senggol  Kota Atambua Kabupaten Belu.

"Giat operasi pasar murah dilaksanakan INKOPPOL, merujuk pada  surat Menteri Perdagangan RI, berdasaran  surat perintah presiden RI Joko Widodo, untuk mendistribusikan gula ke wilayah perbatasan, yang tidak terjangkau menurut evaluasi pemerintah pusat".

Menurut Waluyo, dipengaruhi adanya kenaikan harga gula pasir di wilayah Kabupaten Belu yang cukup drastis, jelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1438H,  dari harga Rp.12.500 rupiah melonjak Rp. 17000 rupiah. Hal ini juga telah dipertegas Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Belu, Artinya keuntungannya Rp. 4500 rupiah, perkepala Keluarga diberikan hak 10 kg. Kata Waluyo.

“Kami bersama perdagind baru kembali, melakukan pantauan harga pasar khusus gula pasir di pasar Kota Atambua naik cukup drastis, kondisi seperti ini pemerintah berperan mensejahtrakan masyarakat, dengan memberikan harga gula pasir yang murah sesuai standar pemerintah. Terlihat, respons masyarakat terhadap operasi pasar murah sangat luar biasa, tampak dari kehadiran dan wajah masyarakat yang hadir sangat senang, adanya operasi pasar ini". 

Ditambahkan Waluyo, operasi pasar murah khusus gula pasir di wilayah perbatasan, Induk Koperasi Kepolisian Negara RI, mendapat dukungan dari PT. Angel Product dan PT Sentra Utama  Jaya. Selaku produsen gula bagi masyarakat Indonesia.

25 ton gula pasir yang didistribusi merupakan tahap awal,  akan dilaksanakan secara bertahap, hingga akhir bulan desember 2017, ini juga telah diberikan jamin oleh kedua produsen gula, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di perbatasan sesuai harga standar pemerintah.

Sementara, Asisten Dua Setda Kabupaten Belu, Yeremias Kali Taek, mengatakan Pemda Belu menyampaikan trima kasih kepada Kepolisian RI, yang telah memberikan perhatian Kepada masyarakat Kabupaten Belu, khusus menjelang hari raya keagamaan seperti bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H.

Menurutnya, kondisi seperti ini, membutuhkan perhatian semua pihak, untuk tetap menjaga kestabilan harga, sehingga tidak terjadi inflasi terutama harga kebutuhan pokok.

“Kesempatan seperti ini, sering dimanfaatkan oleh pihak tertentu, untuk menarik keuntungan, ini yang perlu diantisipasi melalui operasi pasar seperti yang digelar INKOPPOL khusus di perbatasan Kabupaten Belu”.

Lewat sentuhan seperti ini, masyarakat perbatasan dapat menikmati harha gula murah secara terjangkau, kedepan kegiatan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan hingga desember 2017," harap Yeremias Kali Taek. (TB/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00