• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jelang Ramadhan Desa Tomori Beri Contoh Toleransi

20 May
05:42 2017
1 Votes (5)

KBRN, Ambon: Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Koramil 1509-01/Bacan menggelar kerja bhakti pembersihan lingkungan yang melibatkan seluruh masyarakat Desa Tomori yang terdiri dari dua komunitas yaitu Muslim dan Kristen, Kamis (18/05/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kades Tomori Anas Olabahim, Babinsa Tomori Sertu Wira Irawan dan Bhabinkamtibmas Tomori Bripka Efendy Haulussy. Kegiatan pembersihan sendiri meliputi area sarana ibadah, pekuburan, drainase dan lingkungan sekitar.

Keakraban terlihat dari masyarakat dua komunitas berbeda tersebut dimana saat ini seakan isuk SARA yang marak beredar tidak berlaku agi masyarakat Tomori. Masyarakat justru memperlihatkan cara hidup hidup yang sangat toleran dengan saling membantu satu sama lainnya berdasar pada rasa persaudaraan yang kuat serta persatuan sebagai anak bangsa.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Kades setempat Olabahim saat ditemui disela kerja bhakti yang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin saat menghadapi hari besar keagamaan baik Islam maupun Kristen. Dimana, masyarakat Desa Tomori meskipun memiliki dua komunitas berbeda tetapi dapat hidup rukun berdampingan dan saling membantu sebagai sebuah keluarga besar.
Olabahim menambahkan, sudah cukup kenangan pahit konflik horizontal 1999 menjadi sejarah kelam dan pelajaran agar tidak terulang kembali serta dirinya mengajak seluruh warga untuk bersama – sama bekerja sehingga dapat memajukan dan mensejajarkan Tomori dengan daerah lainnya. (PENREM 152/BABULLAH/ NAL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00